Kabul (ANTARA NEWS) - Seorang tentara Afghanistan menembak sekutu NATO-nya, Kamis. Oleh Bantuan Keamanan Asing (ISAF) pimpinan Amerika Serikat, insiden itu dinamai "serangan hijau atas biru".

"Kami dapat memastikan seorang prajurit Afghanistan menembak personel ISAF di Provinsi Laghman. Mereka balas menembak dan membunuh penyerang itu," kata juru bicara ISAF kepada kantor berita Prancis, AFP.

Tidak ada tentara ISAF tewas dalam serangan di provinsi timur itu, katanya. Penembakan itu yang terkini dalam ekskalasi kejadian tentara Afghanistan menembak pasukan NATO, yang membantu Kabul memerangi satu dasawarsa perlawanan Taliban.

Baru dua hari lalu, seorang prajurit Amerika Serikat tewas di timur sesudah dua orang berseragam tentara Afghanistan menembak "sekutu" mereka tersebut.

Pejabat pertahanan Amerika Serikat menyatakan kedua tersangka penembak itu ditahan dan penyelidikan dilakukan untuk menentukan apakah mereka Taliban penyusup.

Kematian itu membuat korban tewas akibat "serangan hijau atas biru" pada tahun ini menjadi sekitar 30 orang dalam sekitar 22 peristiwa, kata hitungan AFP.

Sejumlah 130.000 tentara NATO di Afghanistan bersiap mundur pada 2014.

(B002/Z002)