Sabtu, 20 September 2014

Cemas diabetes dan hipertensi ? ayo ke posbindu PTM

Kamis, 9 Agustus 2012 23:28 WIB | 2.756 Views
Cemas diabetes dan hipertensi ? ayo ke posbindu PTM
Ilustrasi (grafis)
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi di dalam Pos Bimbingan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), kata Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, DR. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes.

"Sebanyak 3.314 Posbindu PTM kini tersebar di seluruh Indonesia dan akan ditingkatkan lagi di masa mendatang," kata Ekowati pada satu media edukasi di Jakarta, Kamis.

Ekowati mengatakan bahwa melalui Posbindu PTM, pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi.

"Selain itu, bagi mereka yang sudah terpapar PTM ini, setidaknya mereka tidak sampai pada fase berisiko, yaitu dengan munculnya penyakit komplikasi penyerta,"katanya dia.

Peningkatan prevalensi diabetes dan hipertensi di Indonesia, dikatakan oleh Ekowati menjadi ancaman yang serius dalam pembangunan, karena dapat mengancam pertumbuhan ekonomi nasional.

"Pengobatan untuk penderita diabetes dan hipertensi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apabila banyak masyarakat yang menggunakan jamkesmas, lantas berapa banyak pemerintah harus menanggung," ujar Ekowati.

Oleh sebab itu, pemerintah berharap agar masyarakat dapat partisipasi aktif dengan menjadi 'CERDIK', kata Ekowati.

CERDIK yang dimaksud adalah, melakukan cek kesehatan secara rutin, enyahkan asap rokok dan polusi lainnya, rajin aktifitas fisik, diet sehat, istirahat cukup, dan kendalikan stress.

(M048)

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga