Sabtu, 25 Oktober 2014

Meksiko ekstradisi ratu narkoba ke AS

| 4.193 Views
id meksiko, perdagangan narkoba, perang narkoba, rute penyelundupan, ekstradisi, Sandra Avila
diduga membantu mendirikan kartel Sinaloa pada 1990-an dengan pemimpin geng itu, Joaquin "Pendek" Guzman.
Mexico City (ANTARA News) - Meksiko menyerahkan Sandra Avila, wanita penyelundup narkoba, yang dikenal sebagai "Ratu Pasifik", kepada pihak berwenang Amerika Serikat (AS) di utara perbatasan itu pada hari Kamis untuk diadili atas tuduhan perdagangan narkoba.

Avila, yang ditahan di Meksiko pada 2007, diduga membantu mendirikan kartel Sinaloa pada 1990-an dengan pemimpin geng itu, Joaquin "Pendek" Guzman. Ia memperoleh nama julukannya karena memelopori rute penyelundupan melalui Pantai Pasifik Meksiko ke California.

Kantor Kejaksaan Agung Federal Meksiko mengatakan ia akan menghadapi tuduhan memiliki kokain dan tuduhan pendistribusian di Florida.

Avila, yang diserahkan kepada para pejabat AS di Toluc, ditangkap atas tuduhan-tuduhan terlibat kejahatan yang terorganisasi dan pencucian uang di Meksiko.

Avila adalah keponakan perempuan dari Miguel Angel Felix Gallardo, yang dikenal sebagai gembong perdagangan narkoba Meksiko.

Perang narkoba di negara itu telah menewaskan lebih dari 55.000 orang sejak Presiden Felipe Calderon mengerahkan militer untuk memerangi geng-geng narkoba akhir tahun 2006.

(H-RN)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga