Kamis, 23 Oktober 2014

"Indonesia harus bangkit"

| 3.272 Views
id menpora, bulu tangkis, olahraga, olimpiade
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng (FOTO ANTARA/Dhoni Setiawan)
program-program untuk tiap-tiap event seperti program SEA Games, program untun Asian Games, dan tentunya program untuk Olimpiade
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Malarangeng, mengatakan bahwa bulu tangkis Indonesia harus bisa bangkit setelah kegagalan pada Olimpiade London 2012 beberapa waktu yang lalu.

"Bulu tangkis Indonesia harus bisa bangkit setelah kegagalan pada Olimpiade yang lalu," kata Andi, dalam diskusi olahraga "Menyikapi Hasil Olimpiade London 2012, Menyusun Strategi Pembinaan Olahraga Jangka Panjang Indonesia" di Jakarta, Jumat.

Andi mengatakan bahwa memang prestasi di Olimpiade London menurun terlebih cabor bulu tangkis tidak berhasil menyumbangkan medali, namun harus diingat Indonesia juga masih berprestasi di pesta olahraga yang lainnya.

"Indonesia juara umum SEA Games, di Asian Games juga meningkat, namun memanga harus diakui bahwa bulu tangkis sedang menurun dan bukan di tahun ini saja," tambah Andi.

Oleh karena itu, lanjut Andi, kita juga membutuhkan tempat-tempat latihan bulu tangkis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan juga bukan hanya untuk bulu tangkis namun juga ubtuk cabor lain.

"Tempat-tempat latihan memang diperlukan peningkatan, terlebih untuk pusat pelatihan di luar Pulau Jawa, karena hingga saat ini pusat-pusat pelatihan masih terkonsentrasi di Pulau Jawa," ujar Andi.

Selain itu, Andi mengatakan bahwa persiapan yang harus dilakukan bukan hanya persiapan untuk bersaung pada Olimpiade saja, namun juga persiapan untuk SEA Games, Asian Games, dan yang lainnya.

"Yang harus dipersiapkan adalah, program-program untuk tiap-tiap event seperti program SEA Games, program untun Asian Games, dan tentunya program untuk Olimpiade," ujar Andi.

Pada Olimpiade London 2012, Indonesia gagal melanjutkan tradisi emas Olimpiade setelah kegagalan pada cabor bulu tangkis untuk mempersembahkan medali, selain itu kejuaraan bulutangkis di olimpiade juga sempat diwarnai oleh insiden yang menyebabkan delapan atlet didiskualifikasi.

Medali untuk kontingen Indonesia dipersembahkan cabang olahraga angkat besi, oleh dua atlet angkat besi Indonesia Triyatno yang berhasil menyumbangkan medali perak, dan Eko Yuli Irawan yang mempersembahkan medali perunggu.

Triyatno berhasil merebut medali perak pada laganya di Olimpiade London 2012 beberapa waktu lalu dengan mencatat total angkatan 333 kg lewat angkatan snatch 145 kg dan clean and jerk 188 kg pada kelas 69 kg.
(V003)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga