Minggu, 31 Agustus 2014

"Proyek pelebaran jalan dihentikan, demi kelancaran arus mudik"

Jumat, 10 Agustus 2012 20:34 WIB | 2.934 Views
Gresik (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, meminta agar seluruh proyek pelebaran jalan di sepanjang jalur Pantura Pulau Jawa dihentikan demi kelancaran pengguna jalan yang akan memakai jalan itu untuk arus mudik.

"Penghentian kita minta mulai Sabtu (11/8) untuk seluruh pekerjaan jalan yang berada di sepanjang jalur Pantura Pulau Jawa, seperti di wilayah Kabupaten Gresik," kata Djoko Kirmanto, di Gresik, Jumat.

Penghentian juga berlaku untuk proyek perbaikan jembatan di Morowudi Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penghentian pelebaran jalan itu bertujuan agar para pengguna jalan merasa nyaman saat memakai untuk arus balik atau mudik tahun ini.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Gresik, Bambang Isdiyanto mengaku telah mengetahui permintaan tersebut dan akan menghentikan sejumlah prroyek pelebaran jalan di Kabupaten Gresik.

"Iya, kami juga berencana menghentikan pelebaran jalan seperti di jalur Cerme dan Duduksampeyan, sebab itu merupakan jalan utama para pemudik dan arus balik," katanya.

Selain itu, sejumlah proyek perbaikan jembatan di Kecamatan Cerme yang ditargetkan selesai keseluruhan pada Oktober 2012 akan dihentikan.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo juga meminta penghentian sejumlah proyek perbaikan jalan, seperti di Jalan Raya Porong dua pekan menjelang Lebaran 2012.

Menurutnya, dua pekan menjelang Lebaran dinilai sudah mulai terjadi lonjakan arus mudik, sehingga seluruh proyek pelebaran jalan harus dihentikan.

"Kami sudah koordinasikan dengan Balai Besar Jalan Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Kementerian Pekerjaan Umum supaya tidak ada pekerjaan, dan material juga harus rapi agar tidak mengganggu pengguna jalan," katanya.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga