Senin, 22 September 2014

Konsumsi hortikultura Indonesia di bawah standar FAO

Jumat, 10 Agustus 2012 21:05 WIB | 4.952 Views
Konsumsi hortikultura Indonesia di bawah standar FAO
Peserta asal Kudus merangkai buah dan sayur dengan tema Shaun The Sheep saat digelar lomba Merangkai Buah dan Sayur dalam rangka Festival Hortikultura 2012 di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani BW Agro Center Soropadan, Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (23/2). Lomba tersebut selain sebagai ajang kreativitas seni merangkai buah dan sayur sekaligus sebagai kampanye untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur kepada masyarakat. (FOTO ANTARA/Anis Efizudin)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian mengungkapkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk hortikultura khususnya buah dan sayuran masih di bawah standar yang ditetapkan Organiasasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO).

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian Jamil Musanif di Jakarta, Jumat mengatakan, saat ini konsumsi buah dan sayur nasional kurang lebih 40kg/kapita/tahun.

"Tingkat konsumsi tersebut masih di bawah standar kecukupan pangan terhadap buah dan sayur yang ditetapkan FAO yakni 65,75 kg/kapita/tahun," katanya ketika menyampaikan rencana kegiatan September "Horti" Ceria 2012.

Oleh karena itu, lanjutnya, guna meningkatkan konsumsi serta apresiasi masyarakat terhadap produk hortikultura nusantara maka Kementerian Pertanian berencana menyelenggarakan Bulan Promosi Hortikultura Nusantara, September "Horti" Ceria 2012.

Menurut Jamal, kegiatan yang akan dilaksanakan di sejumlah wilayah di Indonesia tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong usaha agribisnis hortikultura.

Produk hortikultura, seperti buah, sayuran, tanaman hias, bunga dan tanaman obat merupakan salah satu unggulan sektor pertanian Indonesia .

Selain itu, lanjutnya, juga menjadi salah satu andalan untuk pengembangan ekonomi masyarakat dengan berbasis agribisnis.

Beberapa kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian September "Horti" Ceria antara lain Pekan Raya Tani di Bandung, Gerakan Perempuan untuk Optimalisasi Pekarangan di Bandar Lampung, Gerakan Pemasyarakatan Produk Petani Lokal di Denpasar Bali.

Selain itu Pencanangan Gerakan Peningkatan Konsumsi Buah dan Sayuran Nusantara serta Penggunaan Buah Segar di Jakarta serta Peresmian Jamu Center dan Deklarasi Gerakan Nasional Pengembangan Jamu. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga