Rabu, 1 Oktober 2014

Program KUR diakui masyarakat dunia

Jumat, 10 Agustus 2012 23:38 WIB | 4.877 Views
Program KUR diakui masyarakat dunia
Syarief Hasan. (ANTARA)
"Indonesia mendapatkan penghargaan dari negara APEC dengan program KUR."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarief Hasan, mengatakan bahwa Indonesia mendapatkan penghargaan internasional dalam keberhasilannya di bidang keuangan, terutama keuangan mikro dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Keberhasilan itu, katanya seusasi berbuka puasa di Jakarta, Jumat, sangat diakui oleh negara-negara anggota Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

"Saya baru kembali dari Rusia dalam acara APEC. Di sana Indonesia mendapatkan penghargaan dari negara APEC dengan program KUR. Mereka mengakui itu. Oleh karena itu, kita juga akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri negara-negara anggota APEC di Bali tahun depan," ujar Syarief.

Program KUR, menurut dia, diakui oleh dunia internasional sebagai kebijakan yang pro rakyat. Program pemerintah itu berhasil membuat para pelaku usaha kecil dan menengah mendapatkan akses ke perbankan yang selama ini sangat sulit diperoleh.

"Akses ke perbankan bagi pengusaha kecil menegah selama ini `kan sulit. Dengan program itu semua jadi tidak lagi menjadi sulit. Ini mendorong pengembangan perekonomian kecil dan juga mampu mengurangi tingkat kemiskinan," kata anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Program KUR, menurut dia, juga diapresiasi karena hal itu bukan hanya menjadi kebijakan di atas kerta, namun mampu diimplementasikan di Indonesia.

"Mereka juga kagum kok di Indonesia UMKM bisa memiliki gedung sendiri untuk memamerkan berbagai produk UMKM. Program ini menjadi program entepreneurship yang berhasil. Kewirausahaan meningkat dari 0,18 menjadi 1,8 persen rationya terhadap jumlah penduduk," katanya menambahkan.
(T.S023/H016/Z002)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga