Gempa kuat guncang Iran baratlaut

Sabtu, 11 Agustus 2012 21:29 WIB | 5444 Views

Teheran (ANTARA News) - Satu gempa kuat berkekuatan 6,2 pada skala Richter mengguncang Iran baratlaut, kata Pusat Seismologi Iran.

Pusat gempa, dengan kedalaman 10 kilometer, pada awalnya diduga berada di 38,49 derajat lintang utara dan 46,87 derajat Bujur Timur di kota Ahar, Azarbaijan Timur, menurut laporan tersebut, dikutip Xinhua.

Gempa terjadi pada pukul 12.23 GMT (16.53 waktu setempat) dan tidak ada laporan segera tentang korban.

Gempa pertama diikuti oleh satu lagi gempa berukuran enam skala Richter di wilayah Varzaghan dekat Ahar dengan kedalaman 10 kilometer, dan 38,45 derajat lintang utara serta 46,73 derajat Bujur Timur pada pukul 12:34 GMT (17.04 waktu setempat).

Gempa itu sangat dirasakan di Tabriz, ibu kota Iran Timur Azerbaijan, sekitar 130 kilometer dari Ahar, dan orang-orang bergegas keluar dari rumah mereka ke jalan-jalan dalam kepanikan, kata penduduk setempat kepada Xinhua.

Iran, termasuk ibu kotanya Teheran, terletak pada beberapa jalur patahan-besar kerak bumi, dan rawan terhadap gempa bumi.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Snowden tanyakan soal penyadapan ke Putin

Snowden tanyakan soal penyadapan ke PutinPembocor intelijen buron dari Amerika Serikat (AS) Edward Snowden tanpa disangka-sangka ikut dalam program komunikasi ...

Sekjen PBB: kelaparan ancam rakyat Sudan Selatan

Sekjen PBB: kelaparan ancam rakyat Sudan SelatanSekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon, Rabu, memperingatkan bahwa lebih dari satu juta orang di ...

Tiga tewas ditembak di pusat Yahudi AS

Tiga tewas ditembak di pusat Yahudi ASTiga orang tewas dalam penembakan di perkumpulan Yahudi di Kansas, Amerika Serikat, Minggu. Penembakan ...