Sabtu, 20 Desember 2014

Ratusan calon penumpang terlantar di Pelabuhan Nunukan

| 4.165 Views
id ratusan calon penumpang, terlantar, di pelabuhan tunon taka, nunukan, Plh Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan Administrasi Pelabuhan (Adpel) Nunuk
Ada juga calon penumpangku empat orang yang batal berangkat tadi melalui KM Cattleya, karena tidak dapat tiket lagi,"

Nunukan (ANTARA News)- Ratusan calon penumpang, umumnya tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Sabah, Malaysia saat akan mudik sempat terlantar di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kaltim akibat tidak bisa naik KM Cattleya yang berangkat Sabtu (11/8).

Plh Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan Administrasi Pelabuhan (Adpel) Nunukan, Suardi Manja, di Nunukan, Sabtu malam mengakui ratusan calon penumpang yang akan mudik menggunakan KM Cattleya terpaksa dibatalkan berangkat demi menjaga keselamatan penumpang selama pelayaran.

Calon penumpang tersebut merupakan TKI asal Malaysia yang akan mudik lebaran ke kampung halamannya, katanya.

Ia menambahkan bahwa mulai pemberangkatan kapal minggu ini tampak jumlah penumpang melonjak tajam dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya.

Lonjakan penumpang diiringi juga dengan julah potongan barang bawaan jumlahnya besar sehingga mengurangi area tempat tidur penumpang. Makanya banyak calon penumpang yang tidak atau batal berangkat.

Seorang agen penumpang, Nurhaeda membenarkan masih banyak calon penumpangnya yang semuanya adalah TKi yang tidak berangkat menggunakan KM cattleya, Sabtu (11/8).

Jumlah penumpangnya tujuan Pelabuhan Nusantara Parepare Sulawesi Selatan yang belum berangkat sebanyak 47 orang bersama ratusan potong barang bawaannya. Calon penumpang tersebut akan diikutkan di KM Bukit Siguntang yang akan tiba di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan besok (12/8).

"Masih ada penumpang saya sebanyak 47 orang yang tidak berangkat malam ini di KM cattleya karena sudah full. Jadi terpaksa saya ikutkan nanti di KM Bukit Siguntang yang tiba, Minggu (12/8)," ujarnya.

Agen penumpang lainnya, Haji Sapri juga mengakui terdapat empat orang penumpangnya tidak berangkat, Sabtu (11/8) melalui KM Cattleya, berhubung tidak mendapatkan tiket.

"Ada juga calon penumpangku empat orang yang batal berangkat tadi melalui KM Cattleya, karena tidak dapat tiket lagi," katanya.

Jumlah penumpang yang batal berangkat diperkirakan berjumlah 500 orang dari ratusan agen penumpang yang ada di Kabupaten Nunukan, sebut Nurhaeda.

Dilaporkan sejak sekitar 16.00 Wita, KM Cattleya telah penuh sesak dengan penumpang dan barang. Bahkan barang-barang milik TKI bertumpuk samping kiri kanan, buritan hingga anjungan kapal. KM Cattleya meninggalkan Pelabuhan Tunon Taka sekitar pukul 20.24 Wita.

(ANT-327/I014)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga