Kamis, 18 Desember 2014

Inggris ingin walikota London jadi PM

| 4.004 Views
id Boris Johnson, walikota london, london, olimpiade london
Inggris ingin walikota London jadi PM
Olympic Stadium (Reuters)
London (ANTARA News) - Terpesona dengan kesuksesannya menjadi tuan rumah Olimpiade, hampir tiga perempuan warga Britania kini ingin Walikota London Boris Johnson menjadi perdana menteri, demikian sebuah survey seperti dikutip Reuters.
 
Mantan anggota parlemen berumur 48 tahun itu pernah bilang dia berkesempatan menjadi perdana menteri itu karena perannya mempromosikan Olimpiade.

Pada survey yang dibuat Ladbrokes Bookmakers di seluruh Kerajaan Inggris, 71 persen responden mengatakan mereka ingin dia menjadi perdana menteri.

Ladbrokes memberi spekulasi 2/1 bahwa Johson akan kembali menjadi walikota empat tahun mendatang dan 3/1 peluang London jadi perdana menteri sebelum 2030.

Walikota berambut pirang itu menepis dugaan bahwa dia tertarik menduduki pekerjaan tertinggi itu dan telah membantah spekulasi bahwa suatu saat dia akan mengikuti jejak politisi Konservativ David Cameron.

Beberapa pengamat politik mencatat bahwa Johnson yang senang mencela dirinya sendiri bisa jadi satu-satunya politisi di Britania yang bisa menghindari hal buruk dengan martabatnya yang utuh.

Untuk menjadi perdana menteri, Johnson harus ikut pemilihan untuk parlemen lagi. Namun, banyak komentator berkata kehidupan pribadinya yang kusut bisa jadi penghalang karirnya menuju perdana menteri.

"Setiap kesalahan yang dia buat menambah pesonanya," kata Alex Donohue dari Ladbrkes. "Ada peluang bahwa dia bisa jadi naik pangkat di dunia politik."
(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga