Selasa, 29 Juli 2014

Tiga kecamatan pemekaran di Barito Utara diresmikan

Minggu, 12 Agustus 2012 11:04 WIB | 3.033 Views
Tiga kecamatan pemekaran di Barito Utara diresmikan
Kabupaten Barito Utara(http://id.wikipedia.org)
Muara Teweh (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat akan meresmikan tiga kecamatan baru dari yang sekarang enam menjadi sembilan kecamatan.

"Tiga kecamatan pemekaran ini sudah mendapat persetujuan Gubernur Kalimantan Tengah serta nomor register dari Kementerian Dalam Negeri sehingga direncananya paling lambat akhir tahun 2012 ini juga akan diresmikan," kata Bupati Barito Utara, Achmad Yuliansyah di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Yuliansyah, tiga kecamatan itu merupakan pemekaran dari Kecamatan Teweh Tengah yakni bertambah menjadi Kecamatan Teweh Baru dan Teweh Selatan serta Kecamatan Lahei yaitu Kecamatan Lahei Barat.

"Kita bersyukur pemekaran kecamatan tersebut dapat dilakukan dan merupakan tonggak sejarah bagi Kabupaten Barito Utara," kata Yuliansyah yang merupakan bupati dua periode di Barito Utara ini.

Yuliansyah mengatakan sebelumnya Kabupaten Barito Utara memiliki enam kecamatan Selain Kecamatan Teweh Tengah dan Lahei, juga Kecamatan Gunung Timang, Teweh Timur, Montallat dan Gunung Purei.

Sedangkan tiga kecamatan yang baru yakni Kecamatan Teweh Baru dengan ibukota kecamatan Desa Hajak, Kecamatan Teweh Selatan ibukotanya Desa Trahean dan Kecamatan Lahei Barat dengan ibukota di Desa Benao.

Pemekaran kecamatan ini, lanjutnya, sudah mendesak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan luas wilayah Kabupaten Barito Utara sekitar 8.300 kilometer persegi, terdiri dari enam kecamatan dan 93 desa serta sepuluh kelurahan, sudah saatnya ketiga kecamatan tersebut dimekarkan.
(K009/Y008)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca