London (ANTARA News) - Tim bola voli putri Brazil memupuskan harapan tim voli putri Amerika Serikat (AS) untuk memperoleh medali emas bola voli putri,  setelah dalam pertandingan final Olimpiade London tim Brazil mengungguli tim AS 3-1 (11-25, 25-17, 25-20, 25-17).

Dengan hasil ini berarti tim bola voli putri Brazil memperoleh medali emas, diikuti oleh tim bola voli putri AS mendapat medali perak.

Olimpiade London ini merupakan hasil mengecewakan bagi pelatih tim bola voli putri AS, Hugh McCutcheon, yang gagal mengulang sukses mendulang medali emas setelah dia berhasil membawa tim bola voli putra AS sukses di Olimpiade Beijing. McCutcheon pria asal Selandia Baru berarti gagal mendulang emas dengan tim yang berbeda gender tersebut.

Kekalahan ini menjadikan kenyataan bagi tim bola voli putri AS yang tidak pernah memperoleh medali emas olimpiade.

Sementara itu bagi tim bola voli putri Brazil kemenangan ini merupakan emas olimpiade kedua berturut-turut setelah sukses di Olimpiade Beijing, dan bukan tidak mungkin Olimpiade 2016 - Rio de Jeneiro nanti akan menjadi emas ketiga berturut-turut.

Final yang berlangsung pada hari Sabtu waktu setempat, ditutup oleh spike keras pemain Brazil Fernanda Rodrigues yang pada pertandingan itu berhasil menyarangkan 12 kali spike. Selain dia dua rekan setim yaitu Jaqueline Carvalho berhasil menyarangkan 18 kali spike dan Sheilla Castro dengan 15 kali spike.

(A016)