London (ANTARA News) - Tim basket putri Amerika Serikat (AS) mengalahkan tim basket putri Prancis 86-50 sekaligus meraih medali emas olimpiade kelima kali berturut-turut.

Basket putri AS unggul di setiap babak atas tim Prancis. Kuarter pertama pertandingan masih berlangsung ketat, tim AS unggul 20-15.

Kemudian kuarter kedua tim AS semakin percaya diri menutup pertengahan babak dengan  meninggalkan tim Prancis dengan perolehan angka 17-10 total angka (37-25).

Pertengahan babak berikutnya tim putri AS semakin tangguh untuk dikejar mereka total di dua kuarter berikutnya mengumpulkan 49 angka berbanding tim Prancis yang hanya mengumpulkan angka 25 angka.

Hasil ini tidak mengejutkan, karena tim basket putri AS sebelumnya telah memenangkan medali emas olimpiade empat kali berturut-turut (Sydney, Athena, Atlanta, Beijing). Berarti dengan hasil medali emas di Olimpiade London, tim basket putri telah mendulang 10 medali emas dan hanya kalah pada satu olimpiade dalam 30 tahun terakhir.

Pelatih tim basket putri AS, Geno Auriemma menyatakan hasil medali emas ini karena tim AS masih terlalu tangguh, dimana dominasi mereka sangat mencolok. Pemerhati olahraga sangat menyenangi penampilan yang dominan. Jika orang tidak suka menonton atlet yang terlalu tangguh, pastinya mereka tidak akan memberikan perhatian terhadap atlet seperti Usain Bolt.


Hasil

AS mengalahkan Prancis 86-50 (20-15, 17-10, 26-12, 23-13)

(A016)