Senin, 22 September 2014

PBB luncurkan prakarsa perlindungan laut

Minggu, 12 Agustus 2012 15:23 WIB | 4.896 Views
PBB luncurkan prakarsa perlindungan laut
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon (FOTO REUTERS/Denis Balibouse)
Yeosu, Korea Selatan (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki-moon hari ini mengumumkan sebuah prakarsa untuk melindungi laut dari polusi dan aksi pemancingan ikan yang berlebihan serta melawan kenaikan permukaan laut yang mengancam ratusan juta manusia.

Ban mengatakan prakarsa yang disebut "Oceans Compact" itu berisi pandangan strategis agar sistem PBB dapat berfungsi secara efektif dalam menghadapi "keadaan genting" lautan-lautan dunia.

Sekjen menyorot "ancaman yang membahayakan" dari polusi, penangkapan ikan secara berlebihan serta pemanasan global.

"Lautan kita sedang memanas dan meluas," kata Ban saat menyampaikan pidato dalam konferensi yang menandai 30 tahun dibukanya penandatanganan Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

"Kita mempertaruhkan resiko perubahan yang tidak dapat ditarik kembali dalam proses-proses yang hampir tidak kita mengerti, seperti gelombang-gelombang besar yang memberikan dampak terhadap pola cuaca.

"Peningkatan keasaman laut (dari emisi karbon yang diserap) saat ini mengancam kehidupan lautan kita yang paling dasar; dan peningkatan permukaan laut mengancam pemetaan global kembali dengan merugikan ratusan juta orang di dunia yang sangat rentan."

Ban, yang juga menyeru semua pihak untuk mengendalikan pembajakan laut serta perpindahan penduduk melalui laut, mengatakan ia berharap adanya kemajuan menuju kerangka hukum yang mengikat untuk melawan perubahan iklim pada konferensi PBB di Doha bulan November.

Namun, tindakan harus diambil sekarang juga.

Ban mengatakan "Oceans Compact" dibuat untuk "meningkatkan kesehatan lautan" serta memperkuat pengelolaan melalui rencana aksi yang akan diawasi oleh sebuah kelompok penasihat tingkat tinggi.

Kelompok tersebut akan terdiri dari para pejabat tinggi pengambil keputusan, ilmuwan dan pakar laut, perwakilan sektor swasta dan masyarakat madani serta para pemimpin organisasi-organisasi PBB yang terlibat.

(T008)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga