Kamis, 23 Oktober 2014

19 napi penjara Rusia coba bunuh diri bersama

| 2.787 Views
id napi rusia, penjara rusia, napi bunuh diri, republik yakutia
19 napi penjara Rusia coba bunuh diri bersama
Republik Yakutia (merah), Rusia (www.wikipedia.org)
Keamanan di penjara telah diperketat dan situasi terkendali
Moskow (ANTARA News) - Sebanyak 19 narapidana di satu lembaga pemasyarakatan di Republik Yakutia, negara bagian Rusia, berusaha melakukan bunuh diri dengan memotong nadi mereka, kata pejabat kantor kejaksaan setempat, Selasa.

Insiden itu terjadi pada Senin pukul 06.00 waktu setempat. Para tahanan menggunakan pisau cukur untuk memotong nadi mereka, demikian lapor RIA Novosti.

"Semua narapidana mendapatkan perawatan medis dan hidup mereka tidak dalam bahaya," kata pemerintah setempat. "Keamanan di penjara telah diperketat dan situasi terkendali."

Satu tim investigasi, dipimpin oleh wakil ketua jaksa Boris Samoilenko, menuju ke penjara itu untuk menyelidiki dan memeriksa kemungkinan pelanggaran hak narapidana yang dilakukan oleh para pihak berwenang.

Kondisi keras di penjara-penjara Rusia telah menjadi subjek utama kritikan dari para pejabat dan organisasi-organisasi hak asasi manusia baik dari dalam negeri maupun internasional.

Departemen dalam negeri AS yang mengurusi laporan praktik Hak Asasi Manusia pada 2011 mengatakan, " kondisi penjara-penjara (di Rusia) merupakan pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia para tahanan, yang mendapatkan pelayanan medis buruk, kurangnya kebutuhan dasar, dan pelecehan oleh para petugas penjara."

(A059)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga