Rabu, 22 Oktober 2014

Tiga sekuritas BUMN garap IPO Waskita Karya

| 3.022 Views
id ipo bumn, bumn waskita karya, pt mandiri sekuritas
Kami bersama dengan BUMN sekuritas akan menangani IPO Waskita,"
Jakarta (ANTARA News) - Rencana penawaran saham perdana atau "initial public offering"/IPO PT Waskita Karya Persero dipercayakan kepada tiga sekuritas BUMN, yakni PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

"Kami bersama dengan BUMN sekuritas akan menangani IPO Waskita," kata Direktur Utama Bahana Securities Eko Yuliantoro saat ditemui di Jakarta, semalam (13/8).

Eko melanjutkan, ketiga BUMN sekuritas itu tengah mengkaji rencana IPO Waskita Karya mengingat kondisi pasar yang tengah fluktuatif. Oleh sebab itu, ia belum dapat memastikan kapan waktu pelepasan saham perdana tersebut.

"Kami belum tahu persisnya kapan. Semua tergantung dari kondisi pasar," paparnya.

Eko juga enggan mengungkapkan persentase saham dan dana yang akan dihimpun lewat IPO tersebut. Ia mengharapkan waktu IPO tepat, sehingga memberikan dampak positif bagi perseroan.

Sebelum melakukan IPO, menurut dia, Waskita terlebih dahulu melakukan perubahan status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebab BUMN karya ini masih menjadi anak perusahaan PT Perusahaan Pengelola Aset Persero, sehubungan adanya restrukturisasi.

Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Pandu Djayanto mengatakan pengembalian status Waskita menjadi BUMN dilakukan dengan cara melakukan pengurangan Penyertaan Modal Negara (PMN) pada PPA menjadi PMN pada Waskita Karya.

Waskita Karya berencana menawarkan saham kepada publik maksimal 35 persen dengan perkiraan dana Rp656--765 miliar.

Penggunaan dana IPO ini untuk pengembangan bisnis (properti, minihydro, dan beton precast) sekitar 45 persen dan 55 persen untuk modal kerja guna mendukung pertumbuhan usaha jasa konstruksi. (KR-SSB/Y006)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga