Minggu, 21 Desember 2014

Cari informasi seputar polisi di www.aksesinfopolisi.org

| 2.974 Views
id aksesinfopolisi.org, keterbukaan informasi, informasi kepolisian, data kepolisian, informasi publik
Cari informasi seputar polisi di www.aksesinfopolisi.org
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto)
Situs ini telah disusun sejak awal 2012
Jakarta (ANTARA News) - Empat lembaga swadaya masyarakat (LSM) meluncurkan situs Internet aksesinfopolisi.org sebagai salah satu solusi minimnya informasi seputar korps Kepolisian RI (Polri).

"Sebenarnya permintaan informasi dari masyarakat umum tentang polisi itu banyak, tapi respon pihak Kepolisian kurang dengan alasan tergolong informasi rahasia atau peralatan minim," kata Koordinator Program MediaLink, Mujtaba Hamdi, sebagai salah satu LSM yang meluncurkan situs itu di Jakarta, Selasa.

Selain MediaLink, ketiga lembaga nirlaba yang juga terlibat dalam pembuatan situs aksesinfopolisi.org adalah KontraS, Airputih, dan Yayasan Tifa.

Mujtaba mengatakan situs yang didirikannya bersama ketiga LSM itu bermaksud menjembatani permintaan informasi dari publik ke pihak Kepolisian, selain pemenuhan informasi seputar Kepolisian kepada publik.

"Situs ini telah disusun sejak awal 2012 dan kami tidak terkait apapun dengan Kepolisian," kata Mujtaba perihal peluncuran situs Internetnya ketika sejumlah media masa nasional menyoroti kasus korupsi pengadaan simulator Korps Lalu Lintas Mabes Kepolisian RI.

Para pencari informasi terkait Polri bisa memintanya lewat situs ini, setelah mendaftar diri secara lengkap.

Kepolisian berkewajiban untuk membalas permintaan dalam 10 hari kerja, dan jika diperlukan ditambah 7 hari kerja, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.
(I026)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga