Rabu, 17 September 2014

GANN berikan pelatihan motivasi dan anti-narkoba pada Paskibraka

Selasa, 14 Agustus 2012 21:33 WIB | 2.701 Views
Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Nurani Nusantara (GANN) memberikan Workshop Motivasi bertema "Hidup Positif Bermakna Untuk Sesama," pada para Calon Anggota Paskibraka (Capaska) Kota Bekasi, Kota Depok dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Jawa Barat pada 10--13 Agustus 2012.

"Kami ingin agar para siswa terbaik ini dapat menjadi 'peer educator' atau pendidik sebaya bagi teman-temannya untuk selalu hidup positif dan bermakna tanpa narkoba," kata M Fariza Irawady, Ketua Umum sekaligus Pendiri Gerakan Nurani Nusantara (GANN) dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/8).

Dalam Workshop untuk memperkuat mental dan motivasi terhadap Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan mengibarkan Bendera Pusaka pada tanggal 17 Agustus 2012 tersebut, peserta selain diberikan pengetahuan akan bahayanya penggunaan narkoba serta cara-cara menghindarinya, juga porsi terbesar diberikan materi yang memotivasi para peserta untuk dapat memaksimalkan potensi luar biasa dari bangsa Indonesia dengan mendayagunakan potensi diri dan memiliki mental optimis.

"Materi yang kami berikan selalu dibalut dengan gaya komunikasi yang menarik agar mudah diterima oleh para peserta," ujar Fariza.

Fariza menjelaskan,  GANN adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bertujuan untuk memberikan "Civic Awareness" dari sisi pencegahan penyalahgunaan narkoba. GANN juga telah diangkat sebagai jejaring resmi BNN dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba dan BNN pun telah memberikan pelatihan bagi fasilitator GANN pada bulan Juni lalu.

Semenjak dideklarasikan pada 12 Februari 2012 , GANN telah mengadakan tak kurang dari 40 workshop yang diadakan di sekolah-sekolah, kampus, dan komunitas-komunitas di wilayah Jakarta, Jawa Barat serta Provinsi Banten.

Sebelumnya, Kepala Subdit Masyarakat Direktorat Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN, Siti Alfiasih, saat ditemui pada saat kegiatan Pesantren Kilat GANN, Minggu lalu, mengungkapkan apresiasinya pada kegiatan yang dilakukan oleh GANN.

"Kegiatan GANN sangat positif, karena permasalahan narkoba bukan saja menjadi penanggung jawaban pemerintah, tetapi juga seluruh komponen masyarakat," katanya. Dan GANN dianggapnya telah membuktikan kepeduliaannya sebagai bagian dari komponen masyarakat,

"Kami sangat berterimakasih karena GANN telah swadana dan swadaya membantu menanggulangi permasalahan narkoba, Jika semua ormas anti narkoba aktif seperti GANN, maka visi Indoesia Bebas Narkoba 2015 akan terwujud," katanya.

"Saat ini, jumlah peserta yang telah mengikuti workshop kami atau yang biasa kami sebut Sahabat GANN telah mencapai angka 4100 orang," kata Varhan Abdul Azis, Ketua Bidang Humas GANN yang juga merupakan fasilitator workshop GANN. Ia mengungkapkan bahwa GANN yang akan terus memberikan lebih banyak workshop hingga akhir tahun ini.

Berbagai Institusi pemerintah menyambut baik aksi total yang dilakukan oleh GANN ini, "Bulan lalu kami membawa 300 Mahasiswa Sahabat GANN yang terdiri dari  7 kampus se-Jabodetabek untuk mengunjungi Kemenpora, BNN, DPR RI dan MPR RI, yang kesemuanya berharap agar kami terus melanjutkan pembinaan di bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba khususnya untuk para generasi muda," ujarnya.

Ia juga menambahkan kesiapan GANN untuk diundang pada acara-acara orientasi mahasiswa baru dikampus-kampus tanpa dipungut biaya, ā€¯Hingga saat ini kami sudah memberikan worksop di berbagai kampus seperti UIN Jakarta sebanyak 3 angkatan, STIE Ahmad Dahlan Ciputat, Universitas Trisakti yang bekerjasama dengan Divisi Mahasiswa Anti Narkoba, serta BSI Jatiwaringin. (*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga