Jumat, 31 Oktober 2014

35 CCTV dipasang di Pelabuhan Merak

| 4.259 Views
id 35 cctv, dipasang di pelabuhan merak, pengamanan Lebaran 2012, pelabuhan merak, lebaran, mudik lebaran
35 CCTV dipasang di Pelabuhan Merak
Pekerja memasang lampu penerangan di papan petunjuk lokasi di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (13/8). Meski puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada H-2 (17 Agustus 2012) hanya tinggal beberapa hari lagi namun beberapa fasilitas umum masih belum selesai diperbaiki. (FOTO ANTARA/Asep Fathulrahman)
Sebab pemantauan kamera dan rekaman CCTV itu dipantau langsung oleh ASDP Merak dan kepolisian. Jika terjadi kejahatan maupun antrean kendaraan di lingkungan Pelabuhan Merak bisa secepatnya ditangani petugas

Lebak (ANTARA News) - Sebanyak 35 kamera pengawas (closed circuit television/CCTV) dipasang di Pelabuhan Merak untuk membantu pengamanan selama Lebaran 2012.

"Kami memasang kamera CCTV di titik-titik tertentu di sekitar lingkungan Pelabuhan Merak," kata Petugas Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo, Selasa.

Ia mengatakan pemasangan kamera CCTV itu di antaranya di delapan pintu masuk atau "toll gate" kendaraan, dermaga serta loket karcis.

Selain itu juga dipasang di ruang tunggu, ruangan lobi kantor ASDP, Stasiun KA Merak, Gedung Bundar dan Terminal Terpadu Merak (TTM).

Pemasangan sejumlah kamera CCTV itu sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir. Selama ini pemasangan kamera CCTV sangat membantu keberadaan kendaraan maupun tindak kejahatan.

"Sebab pemantauan kamera dan rekaman CCTV itu dipantau langsung oleh ASDP Merak dan kepolisian. Jika terjadi kejahatan maupun antrean kendaraan di lingkungan Pelabuhan Merak bisa secepatnya ditangani petugas," katanya.

Menurut dia dengan pemasangan kamera CCTV sebanyak 35 unit bisa terpantau kegiatan dan aktivitas di lingkungan pelabuhan serta terminal terpadu Merak.

"Saya kira pemasangan kamera CCTV sangat penting untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan," katanya.

Ia menyebutkan pemasangan kamera CCTV merupakan komitmen ASDP Merak untuk memberikan pelayanan kepada pemudik Lebaran.

"Sebab pemasangan CCTV manfaatnya besar bagi petugas untuk mengetahui antrean kendaraan di dermaga maupun lonjakan penumpang di loket karcis atau tindak kejahatan," katanya.

Pemasangan kamera CCTV tahun ini lebih banyak dibanding tahun 2011 yang hanya mencapai 24 unit.

(KR-MSR/E005)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga