Minggu, 26 Oktober 2014

Nilai tukar rupiah stagnan jelang libur panjang

| 3.538 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, mata uang rupiah
Nilai tukar rupiah stagnan jelang libur panjang
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Rabu sore, stagnan di posisi Rp9.480 per dolar AS seiring dengan pelaku pasar yang menurunkan aktivitasnya menjelang libur panjang Lebaran.

"Menjelang libur panjang Lebaran investor cenderung menurunkan frekuensi transaksinya di pasar uang. Mayoritas pelaku pasar uang telah meninggalkan aktivitasnya," kata pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, sentimen dari eksternal juga cenderung mixed sehingga membuat pergerakan nilai tukar rupiah berada dalam area yang sempit.

Lebih lanjut ia mengatakan, dolar AS mendominasi penguatan terhadap sejumlah mata uang utama dunia seiring data penjualan ritel AS mencatat kenaikan pertama dalam empat bulan terakhir.

Kurs tengah Bank Indonesia pada, Rabu (15/8) tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.494 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.490 per dolar AS.

Sentimen Eksternal
Sementara itu, analis Monex Investindo Futures Johanes Ginting menambahkan sentimen eksternal tidak membuat rupiah berfluktuasi, meski ekonomi Jerman dan Perancis berhasil tumbuh di atas perkiraan.

"Data kedua negara itu nampaknya gagal meredam kecemasan tentang perlambatan di kawasan Euro. Hasil tersebut mengindikasikan jika sebagian besar anggota blok Euro tengah mengalami perlambatan yang lebih buruk," kata dia.

Ia menambahkan, dolar AS terapresiasi terhadap mayoritas mata uang dunia dipicu dari data penjualan ritel AS yang meningkat.

Kondisi itu juga mendorong yield surat hutang AS ke posisi tertinggi sejak bulan Mei, sehingga meningkatkan daya tarik aset berdenominasi dolar AS.

(KR-ZMF)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga