Sabtu, 1 November 2014

Bangka Tengah segera salurkan benih kacang tanah

| 1.884 Views
id kabupaten bangka tengah, benih kacang tanah
Koba (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, segera menyalurkan dua ton benih kacang tanah kepada 15 kelompok petani di daerah itu dalam upaya meringankan biaya produksi petani.

"Menurut rencana pada September 2012 seluruh benih kacang tanah dapat disalurkan kepada kelompok tani agar dapat segera ditanam di lahan anggota kelompok tani tersebut," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian dan Peternakan Bangka Tengah, Mukhti Rahayu Ningsih di Koba, Rabu.

Penyaluran benih kacang tanah pada September, menurut dia, dengan mempertimbangkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Babel memasuki musim penghujan awal Oktober, sehingga benih tersebut dapat segera ditanam.

"Sebenarnya benih itu sudah bisa kami salurkan sekarang, namun para petani penerima bantuan tetap tidak bisa menanam karena masih kemarau, sehingga penyalurannya dilakukan September dengan harapan awal musim penghujan sesuai dengan yang telah diprediksikan BMKG," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 15 kelompok petani yang akan menerima bantuan benih kacang tanah tersebut tersebar di enam kecamatan di Bateng, yakni Kecamatan Koba, Namang, Pangkalan Baru, Simpang Katis, Sungai Selan dan Lubuk Besar.

Sementara berdasarkan data dari Distannak Kabupaten Bateng, produksi kacang tanah pada 2011 mencapai 420 ton per tahun dengan luas lahan 79 hektare, luas panen 75 hektare dan produktivitas dan lahan tersebut 3,20 ton per hektare yang tersebar di enam kecamatan di daerah itu.

(KR-DSD)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga