Kamis, 23 Oktober 2014

KRI Soeharso jadi rumah sakit terapung

| 3.397 Views
id kri soeharso, rumah sakit terapung, maluku utara, sail morotai
Ambon (ANTARA News) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso - 990 akan dikerahkan menjadi "rumah sakit terapung" di Maluku Utara sebagai bagian dari penyelenggaraan Sail Morotai pada September 2012.

"Kapal buatan Korea dari jajaran Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Timur Indonesia (Koarmatim) siap menyukseskan Operasi Bhakti TNI - AL melalui Surya Bhaskara Jaya (SBJ) di Malut," kata Komandan Pangkalan Utama TNI -AL (Lantamal) IX Ambon, Laksamana Pertama TNI. Aan Kurnia, di Ambon, Rabu.

Operasi Bhakti TNI - AL melalui SBJ ini dilaksanakan dengan memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat di Malut.

KRI ini mengemban misi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian sosial TNI AL dan negara terhadap kondisi masyarakat pesisir yang sulit untuk mendapatkan fasilitas kesehatan memadai.

Danlantamal IX Ambon itu menyatakan sebanyak 12 Kapal Perang Republik Indonesia(KRI) siap dikerahkan untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Morotai, Provinsi Maluku Utara September 2012.

"12 unit KRI itu terdiri dari jenis LCT, penyapu ranju dan fregat yang siap mendukung event olahraga bahari bertaraf Internasional tersebut," katanya.

Sedikitnya dua LCT bekas perang dunia (PD) II yang masih layak juga dikerahkan untuk menyukseskan Sail Morotai.

"Kami memprogramkan Sail Morotai menjadi event strategis untuk mempromosikan sejarah PD II untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata, bisnis dan lainnya berskala internasional," tandas Aan Kurnia.

Lantamal IX Ambon yang wilayah kerjanya meliputi Provinsi Maluku maupun Maluku Utara itu siap menyukseskan Sail Morotai, menyusul Sail Banda (Maluku) 24 Juli hingga 17 Agustus 2010.

Gratis

Kepala Dinas Kesehatan Malut, Husen Kausaha mengatakan, selama Sail Morotai semua pelayanan kesehatan dasar dan Keluarga Berencana (KB) dalam kegiatan bhakti sosial SBJ digratiskan.

"Semua masyarakat yang meminta pelayanan kesehatan dasar dan KB dalam kegiatan bhakti sosial SBJ, termasuk perawatan lanjutan di RSUD rujukan setempat semuanya digratiskan," katanya.

Pelayanan kesehatan dasar dan KB melalui bhakti sosial SBJ merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian penyelenggaraaan Sail Morotai yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat di Malut.

Menurut Husen Kausaha, pelayanan kesehatan dan KB dilaksanakan di Labuha, kabupaten Halmahera Selatan, Ternate dan Daruba, Kabupaten Pulau Morotai.

Di setiap daerah tersebut, pelayanan kesehatan dasar dan KB akan dilakukan selama dua hari dan pesertanya tidak dibatasi, namun diharapkan mereka adalah masyarakat miskin yang belum terakomodasi dalam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

(ANTARA)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga