Jumat, 1 Agustus 2014

AMAN: Hartati simbol perlawanan terhadap pemerasan

Rabu, 15 Agustus 2012 20:59 WIB | 2.163 Views
Jakarta (ANTARA News) - Aliansi Masyarakat Anti Pemerasan (AMAN) menilai pengusaha Hartati Murdaya yang kini menjadi tersangka kasus penyuapan di Buol, Sultrng, sebagai simbol perlawanan masyarakat sipil terhadap aksi pemerasan karena mengungkapkan praktik pemerasan pejabat di daerah.

"Dalam kasus Buol, Hartati Murdaya selaku pengusaha yang telah memajukan daerah Buol, diduga telah menjadi korban aksi pemerasan oleh Bupati Buol," kata Koordinator AMAN, Kevin Wu dalam pernyataan sikapnya, di Jakarta, Rabu.

Dalam pernyataan sikapnya itu, dijelaskankan bahwa AMAN menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menolak segala bentuk aksi pemerasan oleh pejabat pemerintah terhadap rakyatnya, termasuk menolak segala bentuk aksi pemerasan oleh pejabat negara terhadap para pengusaha.

Aksi unjuk rasa ini diikuti masyarakat dari berbagai latar belakang seperti para pelaku usaha, aktivis pemuda, aktivis mahasiswa, aktifis buruh, ulama, rohaniawan, karyawan, dan masyarakat lainnya yang memiliki keprihatinan dan kepedulian yang sama menolak aksi-aksi pemerasan.

Kevin Wu mengatakan ironisnya kini Hartati Murdaya justru ditetapkan sebagai tersangka. "Kami khawatir jika rakyat tidak melakukan perlawanan terhadap aksi-aksi pemerasan, maka dikhawatirkan di kemudian hari akan semakin banyak rakyat, pengusaha, dan masyarakat sipil yang harus meringkuk dibalik terali besi karena menjadi korban pemerasan oleh pejabat pemerintah," katanya.

AMAN menyayangkan dalam kasus yang diduga merupakan pemerasan oleh pejabat pemerintah terhadap rakyatnya ini kenapa justru rakyat yang dijadikan korban dan justru dituduh melakukan suap.

AMAN memandang saat ini aksi-aksi pemerasan yang dilakukan oleh penyelenggara negara/pejabat pemerintah terhadap rakyatnya sudah menjadi penyakit kronis dan akut di seluruh wilayah Indonesia.

Pekan lalu Hartati Murdaya ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Hartati dituduh melakukan penyuapan terhadap Bupati Buol Arman Batalipu. Berkali-kali Hartati Murdaya menegaskan bahwa kasus ini bukanlah penyuapan, melainkan dirinya justru yang menjadi korban pemerasan oleh aparat pemerintah di daerah.
(U002/M019)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga