Rabu, 3 September 2014

Warga Sanur gelar pawai obor Hari Kemerdekaan

Kamis, 16 Agustus 2012 23:43 WIB | 3.993 Views
Denpasar (ANTARA News) - Ratusan warga Desa Sanur, Denpasar, Kamis malam, menggelar pawai obor sambil berkeliling wilayah tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-67 Kemerdekaan RI.

Para peserta yang berasal dari kalangan pelajar, kelompok pemuda, sampai pengurus Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) itu tampak bersemangat berkeliling sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Aksi para peserta pawai obor tersebut mendapatkan sambutan warga lainnya menunggu di jalan yang dilalui.

Ketua Umum Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan, peserta dari kegiatan tersebut sudah ditentukan dari kalangan pelajar sampai tokoh di desa ini, begitu pula dengan jumlahnya.

"Penentuan dan pembatasan jumlah peserta itu guna memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat supaya berpartisipasi dalam pawai obor," kata pria yang akrab disapa Gusde tersebut.

Makna dari acara ini adalah menjaga supaya semangat nasionalisme di masyarakat desa wisata itu tetap terjaga melalui api dari obor, sekaligus menyatukan seluruh lapisan.

Memberikan pula pendidikan secara dini kepada kaum muda mengenai makna dari memperingati Hari Kemerdekaan yang susah payah harus diraih oleh para pendahulu dan pendiri bangsa Indonesia.

"Kami dari Yayasan berupaya selalu menjaga semangat persatuan dan nasionalisme di antara warga desa ini. Selain itu juga mengajarkan nilai luhur pahlawan kepada generasi muda," ujarnya.

Aburizal, salah seorang peserta pawai obor, mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut karena semua kaum muda di sini bersatu memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Dalam mengisi kemerdekaan, saya pribadi menyikapinya dengan terus giat belajar guna membantu mencerdaskan bangsa ini," ucapnya.
(KR-IGT/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga