Sabtu, 25 Oktober 2014

Bupati Pandeglang imbau masyarakat terima mantan napi

| 2.595 Views
id bupati pandeglang, erwan kurtubi, mantan napi, remisi
Bupati Pandeglang imbau masyarakat  terima mantan napi
Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi. (pandeglangkab.go.id)
Dengan ditemani, dirangkul dan dibina oleh masyarakat, akan mendorong para mantan napi untuk tidak lagi melakukan perbuatan salah."
Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengharapkan, masyarakat menerima mantan narapidana yang telah menjalani hukuman  dan kembali ke lingkungan tempat tinggalnya semula.

"Masyarakat harus berbesar hati untuk menerima kembali para mantan narapidana (napi) yang telah dibebaskan dan kembali ke lingkungan tempat tinggalnya semula," katanya usai menyerahkan remisi pada para napi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pandeglang, Jumat.

Dalam rangka memperingati perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia, sebanyak sembilan dari Rutan Pandeglang dibebaskan, karena setelah mendapat remisi, masa hukumannya habis.

Para mantan napi, kata dia, bukan untuk dijauhi tapi justru "dirangkul" dan dibina sehingga mereka tidak kembali melakukan kesalahan atau kekhilapan seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Dengan ditemani, dirangkul dan dibina oleh masyarakat, akan mendorong para mantan napi untuk tidak lagi melakukan perbuatan salah," katanya.

Pada para mantan napi yang bebas, ia juga berharap agar bisa membaur dengan masyarakat dan senantiasa berbuat baik serta tidak lagi mengurangi kesalahan.

Erwan juga menjelaskan, pemberian potongan masa penahanan atau remisi dari pemerintah harus disyukuri oleh para napi, tapi jangan dianggap sebagai kemudahan dalam menjalani hukuman.

"Jangan menganggap remisi sebagai satu kemudahan dalam menjalani hukuman, tapi justru harus dijadikan sebagai sarana meningkatkan kualitas diri agar lebih baik," katanya.

Kepala Rutan Pandeglang Kunrat Kasmiri menjelaskan, sebanyak 70 orang napi menerima remisi dari pemerintah, dalam rangka peringatan HUT RI.

Dari 70 napi yang mendapat remisi tersebut, sembilan di antaranya langsung dibebaskan karena masa hukumannya telah habis, yakni Udin, Ahyani, Dede Rohmat, Indra Wahyudin, Wawan Setiawan, Dadang Susilo, Fatul Fahmi, Emat dan Munandar.

(S031)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga