Jumat, 19 Desember 2014

Upacara penurunan bendera digelar di Istana Merdeka   

| 10.385 Views
id upacara bendera, istana merdeka, kemerdekaan indonesia, hari merdeka, 17agustus, hut kemerdekaan
Upacara penurunan bendera digelar di Istana Merdeka   
Anggota paskibraka asal Kepulaun Riau, Devi Ayu Rahmawati, mencium bendera Merah Putih dalam upacara pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2012 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/8) . Sebanyak 67 anggota Paskibraka yang berasal dari 33 provinsi akan bertugas mengibarkan sang saka Merah Putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus nanti. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)
... Sang Merah Putih itu diturunkan dari Tiang 45, lagu Indonesia Raya gubahan pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman dikumandangkan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden TNI...
Jakarta (ANTARA News) - Setelah dikibarkan pada pukul 10.00 WIB tadi, duplikat kedua Sang Merah Putih diturunkan dalam upacara kebesaran negara di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat petang, dengan inspektur upacara Presiden Susilo Yudhoyono.

Mirip dengan yang terjadi pada 17 Agustus 1945, kali ini upacara pengibaran Sang Merah Putih terjadi pada Jumat dan saat bulan Ramadan berlangsung, sama-sama menjelang Lebaran. 

Bedanya, kini di Istana Merdeka sementara pada 1945 terjadi di rumah tinggal Bung Karno, di Jalan Pegangsaan 56, yang telah dibongkar sama sekali sehingga tidak ada jejak fisik situs sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia itu.

Dalam upacara penurunan duplikat kedua Sang Merah Putih itu, siswi SMAN 2 Payakumbuh, Sumatera Barat, Delin N Liani, mendapat kehormatan membawa baki tempat bendera itu diletakkan.

Kedua kaki puteri remaja itu mantap menapaki anak-anak tangga dengan pandangan mata terfokus pada kepala negara untuk mengantarkan kembali duplikat kedua Sang Merah Putih itu untuk disimpansecara resmi.

Komandan Upacara, Kolonel Laut Agoeng Mohammad Kencana, dari Gugus Tempur Laut Komando Armada Indonesia bagian Barat TNI AL, mengumandangkan berbagai perintah sesuai protokol upacara penurunan bendera itu.

Regu Delapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang terdiri dari siswa dan siswi pembawa baki serta tiga petugas penurun bendera, dipimpin Komandan Kompi Pengibar, Kapten Penerbang Supardo S Butarbutar.

Saat duplikat kedua Sang Merah Putih itu diturunkan dari Tiang 45, lagu Indonesia Raya gubahan pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman dikumandangkan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden TNI dari mimbar khusus mereka dalam komposisi resmi.

Upacara penurunan bendera itu dimulai sekitar pukul 17.15 WIB. Dalam upacara tersebut, Yudhoyono didampingi Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono. Mereka berdua menempati tribun kehormatan yang menghadap arah selatan, bersama Wakil Presiden, Boediono, dan istrinya, Herawati Boediono, serta sejumlah petinggi lain negara.

Yudhoyono beserta Ibu Negara dan Wakil Presiden, Boediono, beserta Herawati Boediono, tiba ditempat upacara diantar Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Kepolisian, Timur Pradopo, serta para kepala staf matra TNI, menuju mimbar kehormatan itu.

Setelah semuanya siap, komandan upacara memulai upacara diikuti pemasukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. 

Upacara penurunan berakhir sekitar pukul 17. 40 WIB. Yudhoyono beserta Ani Yudhoyono dan Boediono beserta Herawati Boediono kemudian meninggalkan tempat upacara setelah sebelumnya menerima penghormatan kebesaran.

(M041)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga