Kamis, 31 Juli 2014

Mendag: harga komoditas aman jelang Lebaran

Jumat, 17 Agustus 2012 21:09 WIB | 3.347 Views
Mendag: harga komoditas aman jelang Lebaran
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjayan mengatakan bahwa harga dan persediaan komoditas pangan di pasar aman menjelang Lebaran, hal tersebut ditandai dengan penurunan beberapa harga komoditas.

"Komoditas aman sekali, wortel, tol gepeng, cabe keriting, cabe, bawang merah, bawang putih, bahkan telur ayam yang tadinya Rp16 ribu sekarang sudah Rp13 ribu perkilogram, ayam yang tadinya Rp33 ribu sekarang Rp24 ribu," ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Jakarta, Jumat.

Sementara itu Mendag masih berupaya mengatasi persediaan dua komoditas lain, yaitu daging sapi dan kedelai.

"Kalau sapi inikan Menteri Pertanian sudah menyatakan bahwa kuota impor sudah habis untuk 2012, jadi tinggal sapi nasional saja, masih ada 150 ribu ekor yang bisa disembelih yang bisa dipotong untuk dikonsumsi," kata Gita.

Pemerintah akan mencari 150 ribu sapi yang dibutuhkan tersebut di Indonesia, untuk kemudian dialokasikan ke daerah-daerah sesuai permintaan.

Untuk produksi kedelai, Gita mengatakan khawatir terhadap kemarau berkepanjangan yang masih terjadi di Amerika, Brazi dan Argentina.

"Tapi kemaraunya masih berkepanjangan, kalau berkelanjutan, kita harus antisipasi kenaikan harga kedepan. Karena produksi nasional sangat minim, hanya 800 ribu ton untuk konsumsi nasional 2,6 juta ton," ujar Gita.

Namun, Gita mengaku optimis setelah melihat produksi kedelai di Jember Jawa Timur yang mencapai 2,5 hingga 3,5 juta ton per hektar.

"Produksi di Jember jauh diatas rata-rata nasional, bahkan menyumbang kurang lebih 50 persen produksi nasional. Kalau itu bisa di replikasikan di tempat-tempat lain di Indonesia, Insya Allah kita tidak perlu beli kedelai dari luar negeri," kata Gita.
(SDP-52)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga