Minggu, 26 Oktober 2014

Menlu Prancis tolak persenjatai pemberontak Suriah

| 4.203 Views
id persenjatai pemberontak suriah, penolakan prancis
....Kami tidak dapat menyediakan senjata kepada orang di bawah kondisi yang kemudian bisa berbalik melawan kami."
Paris (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius Jumat menegaskan kembali penolakan Paris untuk memberikan senjata kepada pejuang pemberontak Suriah.

"Kami negara-negara Eropa, kami memutuskan embargo senjata. Kami tidak akan bertentangan dengan posisi kami.... Ada sejumlah negara memberikan senjata kepada pemberontak Suriah seperti Qatar, Arab Saudi dan lainnya," kata Fabius kepada Europe1 penyiar lokal, lapor Xinhua.

"Mengenai senjata ampuh, termasuk untuk menghancurkan pesawat, ada masalah besar. Kami tidak dapat menyediakan senjata kepada orang di bawah kondisi yang kemudian bisa berbalik melawan kami," tambahnya.

Awal pekan ini, diplomat tinggi Prancis melakukan kunjungan ke Timur Tengah berfokus pada membantu pengungsi Suriah yang melarikan diri dari kekerasan.

Menolak seruan-seruan untuk intervensi militer guna menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad, Fabius mengatakan, Paris tidak akan menggunakan kekuatan "tanpa legalitas internasional."

"Ada rasa takut mengekspor ketegangan Suriah di Lebanon, yang merupakan negara rapuh. Hal ini mutlak diperlukan untuk mencegah penularan ini," katanya.

Prancis, yang memegang kursi bergilir Dewan Keamanan PBB bulan ini, adalah mencari cara-cara diplomatik untuk menghentikan pertumpahan darah dan situasi kemanusiaan memburuk di Suriah dan juga di antara tetangga-tetangganya. (AK)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca