Rabu, 24 September 2014

Madagaskar bangun taman lemur terbesar

Sabtu, 18 Agustus 2012 10:54 WIB | 2.144 Views
Madagaskar bangun taman lemur terbesar
Lemur ekor cincin (Lemur catta). (www.wikipedia.org)
Jakarta (ANTARA News) - Para pejabat  di Madagaskar telah membuat taman margasatwa liar terbesar di pulau. Area taman yang dinamai Makira Natural Park. , Taman ini menyediakan habitat untuk keanekaragaman Lemur, kata Wildlife Conservation Society (WCS).

Taman yang membentang sekitar 372.470 hektar di hutan hujan di timur laut Madagaskar dan terdiri dari 20 jenis dari 103 jenis lemur yang ada di pulau, termasuk lemur leher merah dan silky sifaka, kata WCS.

Lemur hanya dapat djumpai di Madagaskar, yang baru-baru ini disebut sebagai hewan yang hampir punah dari kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).

Bersama dengan Lorises dan Galagos atau bushbabies, Lemur dikategorikan sebagai primata prosimian, yakni semua primata yang tidak termasuk ke dalam kategori monyet atau kera.

Makira Natural Park juga akan menjaga hewan selain lemur seperti elang ular Madagaskar, dan satu-satunya predator besar di pulau, Fossa, hewan yang bentuknya mirip kucing dan memburu lemur serta membutuhkan are hutan yang luas untuk menjaga keseimbangan populasi, kata WCS seperti dilansir dalam laman web livescience.com.

Staf resmi memperkirakan taman baru ini jika dikombinasikan dengan taman terdekat di Madagaskar, Masoala National Park serta batas air Antongil Bay akan membuat pulai ini memiliki keanekaragaman yang paling kaya.

"Ini adalah tonggak atas komitmen Madagaskar untuk menjaga warisan alam," kata Presiden serta CEO WCS, Christian Samper.

"Makira Natural Park menjadi lambang pusat konservasi keanekaragaman hayati bangsa."

(dny)



Penerjemah: Deny Yuliansari

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga