Sabtu, 1 November 2014

Kunjungan kanselir Jerman hasilkan kemitraan strategis

| 2.270 Views
id kemitraan indonesia-jeran, indonesia-jerman, kanselir jerman, Merkel
Kunjungan kanselir Jerman hasilkan kemitraan strategis
Kanselir Jerman Angela Merkel (REUTERS/Morris Mac Matzen )
London (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Jerman Dr. Eddy Pratomo mengatakan kunjungan Kanselir Merkel ke Indonesia Juni lalu telah menghasilkan kemitraan komprehensif antara Indonesia dan Jerman melalui Deklarasi Jakarta.

Hal itu disampaikan Dubes dalam pidato saat Upacara Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan dalam upacara penuh khidmad di kediaman Duta Besar RI di Dahlem, Berlin, Jumat.

Sekretaris III-Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin, Purno Widodo kepada ANTARA, Jumat, mengatakan, upacara dihadiri sekitar 250 peserta terdiri dari diplomatik dan staf lokal KBRI Berlin, beserta keluarga dan Dharma Wanita Persatuan.

Selain itu juga hadir pelajar dan mahasiswa Indonesia dan masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya, serta beberapa warga Jerman Friends of Indonesia.

Dalam amanatnya Dubes menggarisbawahi bahwa kemitraan komprehensif tersebut dibangun berdasarkan kesamaan pandangan dalam berbagai hal. "Kedua negara sama-sama telah menerapkan nilai-nilai demokrasi, seperti kebebasan berpendapat, berserikat, dan kebebasan pers.

Kedua negara tergolong mampu menjaga pertumbuhan ekonomi secara positif dan tercatat sebagai salah satu Negara dengan perekonomian terbesar di kawasan masing-masing, ujarnya.

Kemitraan tersebut menjadi fokus pidato Dubes RI Dr. Eddy Pratomo, mengingat kemitraan komprehensif yang dibangun memberikan visi yang jelas atas arah hubungan bilateral.

Kunjungan Presiden Jerman, Christian Wulff di akhir tahun 2011 dan Kanselir Angela Merkel pada bulan Juli 2012, mempunyai makna strategis dalam rangka meningkatkan kerjasama kedua negara dari persahabatan menjadi suatu kemitraan.

Hal ini merupakan babak baru hubungan bilateral Indonesia-Jerman. Posisi strategis kedua Negara, Jerman sebagai negara yang mempunyai pengaruh kuat di Eropa dan Indonesia negara yang mempunyai peran besar di Asia Tenggara, akan dapat menjadi jembatan bagi hubungan antara ASEAN dan Uni Eropa.

Selain itu, Dubes RI menggarisbawahi keberhasilan yang telah dicapai selama ini tidak lepas dari kontribusi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jerman.

Secara khusus Dubes RI menekankan KBRI Berlin selalu mendukung hubungan kemitraan dengan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jerman.

Sebagai generasi muda, kegiatan berorganisasi adalah wadah untuk membentuk insan yang tangguh, mandiri dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

"Karena itu, kami selalu menyambut baik setiap kegiatan positif dan terjadwal dari pelajar dan mahasiswa Indonesia," kata Dubes.

Upacara Bendera ini berlangsung dengan khidmad dan tidak urung banyak mengundang haru para peserta dimana saat pengibaran sang Merah Putih, tak sedikit dari mereka yang menitikkan air mata.

Upacara yang dipersiapkan selama satu bulan ini didukung berbagai komponen masyarakat Indonesia yang ada di Berlin.

Sepuluh peserta Paskibra merupakan para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berada di Berlin dipilih secara khusus dan dilatih untuk dapat mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Sementara itu tim Aubade dari Gereja Bethel Indonesia-Berlin e.V. tampil menyanyikan lagu Tanah Airku, Hari Merdeka, Bangun Pemudi Pemuda serta Yamko Rambe Ramko yang mendapatkan tepukan meriah dari seluruh peserta upacara.
(H-ZG/B/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga