Rabu, 3 September 2014

KBRI Beijing gelar panggung gembira HUT RI-Lebaran

Minggu, 19 Agustus 2012 11:44 WIB | 3.474 Views
Beijing  (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Beijing menggelar panggung gembira dalam rangkaian peringatan HUT ke-67 RI dan Idul Fitri 1433 H.

Panggung gembira itu dilakukan setelah pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di halaman Wisma KBRI Beijing dan Mongolia di Beijing, Minggu.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cota mengatakan pelaksanaan panggung gembira tersebut tidak sekadar perayaan keagamaan tetapi juga sarana untuk mempererat silahturahmi antarsesama warga negara Indonesia di Beijing dan sekitarnya, termasuk para Huaqiao (warga Tiongkok yang sempat menetap di Indonesia pada 1960-an dan kini telah kembali ke China).

"Ini menjadi salah satu sarana bagi sebagian orang untuk bertemu, bersilahturahmi. Mungkin ada yang hanya bisa bertemu sekali-kali, satu tahun sekali. Tetapi ada juga mungkin ada yang sudah sering bertemu," katanya.

Hubungan masyarakat Indonesia dan China, lanjut dia, dapat meningkatkan hubungan yang baik bagi kedua negara.

Sebagian masyarakat China mengenal ajaran Khong Hu cu yang mengajarkan hubungan yang harmonis antara sesama umat manusia apapun latar belakang agama dan budayanya, serta hubungan manusia dengan kata Imron.

"Apa yang diajarkan Khong Hu Cu juga sama dengan yang diajarkan dalam Islam untuk saling menjalin silahturahmi, menjalin hubungan baik dengan sesama, hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Jadi, apapun agamanya, kita sebagai sesama manusia dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa harus saling menjalin hubungan baik," katanya menekankan.

"Peringatan ini juga mengingatkan kita untuk mengingat perjuangan rakyat dan para pahlawan Indonesia membebaskan diri dari belenggu penjajahan," ujar Imron.

Indonesia dan China juga sempat merasakan belenggu penjajahan. "Karena itu, peringatan ini menjadi sangat penting bagi kedua negara untuk menghargai kemerdekaan dan kedaulatan masing-masing," katanya.

Dubes Imron berharap semangat perjuangan para pahlawan dapat diteruskan oleh para generasi muda dari kedua negara untuk saling bekerja sama dan memperkokoh hubungan baik kedua negara.

Panggung gembira dimeriahkan penampilan angklung, senandung dan tarian dari para "huaqiaou", mahasiswa dan artis qasidah dari Surabaya.

Selain itu disediakan "doorprize" berupa sepeda listrik, sepeda manual, gadget dan tiket Garuda tujuan Indonesia.

(R018)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga