Kamis, 2 Oktober 2014

Hari pertama Lebaran, TMII belum ramai

Minggu, 19 Agustus 2012 15:37 WIB | 4.772 Views
Hari pertama Lebaran, TMII belum ramai
Sejumlah pengunjung bermain wahana air Snowbay saat libur lebaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (ANTARA/M Agung Rajasa)
Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung rekreasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu pada pertama Hari Raya Lebaran tampak belum ramai bila dibandingkan dengan hari biasa.

"Dari tahun ke tahun, Lebaran hari pertama memang tidak terlalu ramai, masyarakat cenderung memilih untuk bersilaturahmi dengan tetangga, dan keluarga terdekat. Namun, pada hari pertama setelah Lebaran (H+1) hingga H+3, biasanya pengunjung TMII akan ramai," ujar Asisten Manajer Litbang TMII, Gunawan di Jakarta, Minggu.

Kalau ada peningkatan, lanjut dia, akan terjadi menjelang sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Diperkirakan, untuk hari ini (Minggu) total pengunjung akan mencapai 45 ribuan.

"Jumlah pengunjung H+1 tentu akan meningkat hingga 10 persen. Hal itu juga didorong dari Pemerintah yang menetapkan libur bersama," ucap dia.

Untuk meningkatkan pengamanan dan kenyamanan pengunjung, pengelola TMII menambah personel sekuriti dan menggandeng aparat dari Kepolisian, TNI dan Pemuda Karang Taruna dari empat kelurahan, yakni kelurahan Bambu Apus, Ceger, Lubang Buaya, dan pinang Ranti.

"Total keamanan TMII berjumlah 290 personil. Pengelola juga melibatkan sejumlah Karang Taruna dari kelurahan sekitar, hal itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Target kami `zero crime` atau tidak ada kejahatan. Dan kami bersyukur sampai sejauh ini tidak ada kejadian yang mengganggu keamanan pengunjung," ujar Gunawan.

Kawasan wisata TMII didatangi sejumlah keluarga yang ingin menghabiskan waktu senggang libur Hari Raya. Pengunjung keluarga itu hanya berkumpul, jalan santai dan bercengkerama di kawasan TMII.

Sejumlah fasilitas hiburan seperti Kereta Api Mini, Kereta Gantung (Sky Lift), Aeromovel Indonesia (jenis sarana transportasi menggunakan tenaga angin yang berjalan di sebuah lintasan biasa disebut monorail) juga tidak terlihat antrian panjang.

Menurut salah seorang pengunjung, Jakfar (36) mengaku, telah membawa keluarga untuk berekreasi ke TMII dikarenakan tidak melaksanakan kegiatan mudik seperti tahun sebelumnya. Ia beserta istri dan anak semata wayangnya mengunjungi TMII untuk menghabiskan waktu libur.

"Lagi pula, disini (TMII) ada anjungan Jawa Tengah, jadi bisa juga dijadikan obat rindu kampung halaman," ucap Jakfar.

Pihak pengelola TMII memasang tarif masuk naik Rp1.000 dibanding hari normal menjadi Rp10.000 per orang kecuali wisatawan yang berumur di bawah tiga tahun.

Bagi wisatawan yang menggunakan sepeda dikenai biaya Rp1.000, motor Rp6.000, mobil Rp10.000, sedangkan yang menggunakan bus atau truk dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per kendaraan.

Pada Hari Lebaran ini, TMII membuka pelayanan dari jam 07.00-10.00 WIB.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga