Jumat, 24 Oktober 2014

Jafar Hafsah: silaturahmi mampu eliminir konflik

| 2.424 Views
id Jafar Hafsah, makna Idul Fitri wakil rakyat
Jafar Hafsah: silaturahmi mampu eliminir konflik
M.Jafar Hafsah (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Jafar Hafsah meyakini, silaturahmi antar sesama umat beragama yang terus-menerus dilakukan setiap saat dapat menghilangkan terjadi konflik.

Demikian dikatakan oleh Jafar Hafsah yang memaknai Idul Fitri kepada ANTARA News, Jakarta, Selasa.

"Silaturahmi antar umat beragama diyakini mampu menghilangkan atau mengeleminir berbagai macam konflik yang akhir-akhir ini bermunculan di tanah air. Silaturahmi dengan agama manapun sangat penting," kata Jafar.

Oleh karenanya, salah satu momentum untuk terus meningkatkan kualitas dan intensitas silaturahmi adalag Idul Fitri ini.

Selain diyakini mampu mengeliminir berbagai konflik, Idul Fitri, kata mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI itu juga mampu menambah dan meningkatkan solidaritas dan soliditas bangsa ini.

"Solidaritas itu berupa perhartian, kedekatan, selalu harus dipelihara, dikedepankan dan memaknai dengan meningkatkan intensitas, kualitas hubungan sesama kita. Perhatian kita selalu ditingkatkan, tidak hanya muslim saja, tapi umat beragama lain harus ditingkatkan intensitasnya," ujar dia.

Tak hanya itu, sambung Jafar, Idul Fitri juga mampu meningkatkan perekonomian. Salah satu contohnya, dengan zakat, infaq dan sedekah, perekonomian bisa meningkat.

"Yang diperlukan perbaikan, jadikan lebaran atau Idul Fitri sebagai hari solidaritas, yang bentuknya mengeluarkan zakat fitra, infak, sedekah. Jadi Idul Fitri sebenarnya sudah mengkonstruksi, termasuk bisa membangkitkan ekonomi bangsa," pungkas Jafar.

(Zul)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga