Selasa, 29 Juli 2014

Obama peringatkan Bashar: Amerika Serikat dapat bertindak

Selasa, 21 Agustus 2012 15:43 WIB | 8.726 Views
Obama peringatkan Bashar: Amerika Serikat dapat bertindak
Pesawat tempur Angkatan Udara Suriah melepaskan roket dalam serangan udara di desa Tel Rafat, sekitar 37 km dari Aleppo, Suriah, Kamis (9/8). Pasukan Suriah akan diperintahkan Bashar al-Asaad memakai senjata nonkonvensional jika perlawanan gerilyawan semakin berlarut. Obama dan sekutunya akan menindak al-Asaad jika hal itu tetap ditempuh. (REUTERS/Goran Tomasevic)
Washington (ANTARA News) - "Pasukan Amerika Serikat dapat bertindak terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad," demikian peringatan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. al Asaad diberi peringatan keras itu jika ia mengerahkan senjata kimia terhadap gerilyawan anti pemerintahan dia.

Dalam komentar paling keras Obama mengenai Suriah, pada hari pengamat PBB keluar setelah upaya tanpa hasil bagi perdamaian dan pasukan al-Asaad melancarkan serangan baru. 

"Kami tak bisa membiarkan kondisi senjata biologi dan kimia berada di tangan orang yang salah," kata Obama dalam taklimat dadakan, Senin (20/8), di Gedung Putih.

Suriah, Juli lalu, menegaskan niatnya untuk dapat menggunakan senjata kimia--walau tidak diketahui bagaimana Suriah memakainya dalam perang kota-- kalau negara asing ikut campur. Ancaman itu mengundang peringatan kuat dari Washington dan sekutunya.

Obama mengatakan al-Asaad menghadapi "konsekuensi sangat besar" kalau ia melintasi "garis merah" mengenai pengerahan senjata non-konvensional sekalipun dengan cara yang mengancam nyawa.

Obama, yang berusaha terpilih kembali pada November, menyatakan ia telah menahan diri pada saat ini dari memerintahkan keterlibatan militer AS di Suriah, demikian laporan Reuters. 

Washington dan sekutu Baratnya memperlihatkan sedikit hasrat untuk "turun" membantu gerilyawan anti al-Asaad ke Suriah, berbeda dengan yang terjadi di Libya. Amerika Serikat menghadapi konflik bahan peledak yang rumit di Timur Tengah, juga karena dukungan kuat bagi al Asaad dari Iran serta Rusia dan China di PBB.

(C003)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga