Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan wisata naik Sepur Klutuk diminati

| 2.172 Views
id jokowi, joko widodo, wali kota solo, sepur klutuk, sepur klutuk jaladara, diminati wisatawan, solo
Perjalanan wisata naik Sepur Klutuk diminati
Walikota Solo Joko Widodo (ANTARA)
Wisatawan ini harus dimanjakan agar mau datang lagi ke Solo.

Solo (ANTARA News) - Sehari setelah Lebaran berbagai obyek wisata di Solo diserbu pengunjung, termasuk diantaranya "Sepur Klutuk Jaladara" telah habis dipesan oleh para wisatawan.

"Kami datang ke Solo untuk bernostalgia naik kereta api tua ini," kata Hadi Supanto warga Jakarta asal Wonogiri.

Kedatangan rombongan wisatawan asal Jakarta yang naik "Sepur KLutuk Jaladara" yang berhenti di depan Loji Gandrung Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, juga disambut oleh Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan bahkan para wisatawan ini diajak melihat bangunan tua peninggalan jaman belanda di Solo, Selasa.

"Wisatawan ini harus dimanjakan agar mau datang lagi ke Solo. Kami melakukan ini tidak bertujuan apa-apa terkecuali untuk mempromosikan sektor pariwisata di daerah ini. Ya seperti ini namanya manajemen pelanggan yang baik harus mau langsung turun di lapangan," kata Jokowi yang juga Calon Gubernur DKI Jakarta.

Wisatawan setelah puas melihat bangunan kuno tersebut, juga terus berebut meminta foto bersama Jokowi. "Ya kami minta foto sekalian disini nanti kalau sudah di Jakarta belum tentu mendapat kesempatan seperti ini," katanya.

"Saya dulu waktu sekolah dari Wonogiri ke Solo naik kereta api tua seperti ini dan juga lewat depan Loji Gandrung Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, yang masih tetap tidak berubah sampai sekarang. Saya naik sekarang kondisinya juga masih tetap sama," kata Hadi Supanto.

"Hal ini memang bagus dan keaslian masih tetap dijaga dan sekarang juga menjadi daya tarik tersendiri. Mencari kereta api yang berjalan di tengah kota di Indonesia sekarang ini sudah susah, ternyata masih ada di Solo, dan ini perlu dilestarikan," kata Hadi Supanto yang juga pensiunan Pegawai Perkebunan.

Hal senada juga di kata oleh salah seorang penumpang dari kereta api wisata "Sepur Klutuk Jaladara" Rimbun Suharto warga Jakarta Timur, kedatangannya ke Solo selain mudik ke Sukoharjo juga ingin naik kereta api tua dan juga ingin ketemu langsung dengan Jokowi.

"Ya saya beli paket wisata ini selain ingin bernostalgia naik kereta tua juga ingin bertemu tatap muka langsung dengan Pak Jokowi dan ternyata disambut luar biasa di rumah dinasnya Loji Gandrung. Saya tidak mengira kalau Pak Wali itu mau menyambut tamu-tamu seperti saya ini," katanya.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkot Surakarta Indarjo, mengatakan untuk pemesanan kereta api "Sepur Klutuk Jaladara" sampai sekarang ini jadwalnya telah penuh, sehari hanya jalan sekali dan ini akan dipertimbangkan untuk bisa jalan dua kali yaitu pagi dan sore.

Ia mengatakan sewa "Sepur Klutuk Jaladara" sebesar Rp3,2 juta dengan dua rangkaian gerbong dengan kapasitas penumpang 60 orang. "Ya untuk sekarang ini pesanan kereta api Sepur Klutuk Jaladara naik 40 persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

(J005/Y008)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga