Sabtu, 25 Oktober 2014

Mali bentuk pemerintah persatuan

| 3.417 Views
id pemerintahan mali, mali
Mali bentuk pemerintah persatuan
Pejuang dari kelompok MUJWA yang terkait Al Qaeda yang bepergian secara beriringan termasuk dengan Menteri Luar Negeri Burkina Faso Djibril Bassole, bersiaga di Gao, Mali utara, Selasa (7/8). (REUTERS/Stringer)
... memungkinkan gerilyawan Islam yang punya hubungan dengan Al Qaeda menguasai daerah-daerah gurun utara...
Bamako, Mali (ANTARA News) - Presiden sementara Mali, Diocounda Traore, membentuk satu pemerintah persatuan dalam usaha mewujudkan stabilitas di negara yang terpecah dua setelah kelompok Islam menguasai daerah-daerah utara, tidak lama seusai satu kudeta.

Pemerintah persatuan nasional yang diumumkan melalui keputusan presiden Senin itu memiliki 31 menteri dari hampir semua kelompok politik termasuk empat wanita. Pemerintahan baru itu juga termasuk kementerian baru masalah-masalah agama yang dipimpin Yacouba Traore.

Negara Afrika barat itu dilanda krisis sejak Maret ketika presiden yang dipilih secara demokratis, Amadou Toumani Toure, digulingkan militer, yang dua pekan kemudian menyerahkan kekuasaan kepada satu pemerintah peralihan.

Konflik politik itu memungkinkan gerilyawan Islam yang punya hubungan dengan Al Qaeda menguasai daerah-daerah gurun utara.

Tieman Coulibaly, anggota partai Front anti-kudeta untuk Demokrasi dan Republik (FDR) menjadi menteri luar negeri di bawah Perdana Menteri, Cheick Modino Diarra.

Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS), yang mengusulkan pengiriman pasukan intervensi ke Mali untuk membantu pemerintah peralihan yang lemah, memerintah Bamako membentuk pemerintah persatuan naisonal pada 31 Juli yag akan menguasai kembali daerah utara itu.

(H-AK)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga