Minggu, 31 Agustus 2014

Teh lebih menyehatkan dari kopi

Selasa, 21 Agustus 2012 20:15 WIB | 3.122 Views
Teh lebih menyehatkan dari kopi
(REUTERS/Thomas Mukoya)
Jakarta (ANTARA News) - Teh dan kopi menawarkan beragam manfaat kesehatan, namun mana yang lebih sehat diantara keduanya?

Di luar manfaatnya, setiap minuman memang mempunyai dampak negatif terhadap tubuh, tapi kopi mempunyai dampak buruk yang lebih banyak, kata praktisi kebugaran James Duigan seperti dikutip laman The Mirror.
 
Ini karena kopi paling banyak mengandung kafein.

"Sedikit kafein itu bermanfaat. Saya sering minum kopi sebelum olahraga karena itu membuat kita lebih kuat berolahraga dan mempercepat metabolisme," kata Duigan.
 
"Namun, kelebihan kafein membuat badan jadi stres. Itu membuat tubuh bertahan pada lemak. Jadi, jika Anda minum lebih dari dua kopi setiap hari, akan sulit menurunkan berat badan," sambungnya.

Perempuan hamil boleh mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari.

Tahun lalu, warga Inggris menghabiskan 2 miliar euro dalam setahun untuk membeli kopi dan ada lebih dari 5.000 kedai kopi di sepanjang jalan Inggris.

"Kopi yang Anda dapat dari kedai kopi bisa jadi penuh kalori," kata Dr Carina Norris, ahli gizi.

Frappucino, mocha, es kopi, dan semua dengan rasa sirup atau krim dapat menambah ratusan kalori.

"Perlakukan minuman ini seperti Anda menghadapi seiris kue," saran Dr Norris. "Makannya jangan sering-sering, jangan setiap hari."

Menurut beberapa studi, English Breakfast tea punya lebih banyak manfaat ketimbang kopi karena teh mengurangi stres, tidak seperti  minuman lain yang mengandung kafein seperti kopi.
 
Penelitian lain menemukan bahwa meminum teh secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, selain menjadi sumber alami florida yang melindungi gigi dari penyakit.

Namun, ada juga studi yang mengklaim bahwa mengonsumsi lebih dari tujuh cangkir teh sehari meningkatkan risiko kanker prostat daripada orang yang hanya minum tiga cangkir atau kurang dari itu.

James Duigan menyarankan untuk meminum lima cangkir teh setiap hari, namun jangan minum itu menjelang tidur. Teh yang lebih baik adalah teh hijau yang mengandung antioksidan penambah imun dan mempercepat metabolisme.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga