Selasa, 23 September 2014

Memorabilia Greta Garbo dilelang

Kamis, 23 Agustus 2012 17:07 WIB | 2.452 Views
Memorabilia Greta Garbo dilelang
Greta Garbo dalam film "Inspiration" (1931) (wikipedia.org)
Los Angeles (ANTARA News) - Penggemar legenda film Greta Garbo berkesempatan untuk mendapatkan salah satu dari 800 benda aktri tersebut, mulai dari pakaian dekorasi rumah, hingga tempat tidurnya.

Rumah lelang Julien's mengatakan akan menjual gaun, setelan celana, furnitur, dan benda seni dalam lelang di Beverly Hills, California 14-15 Desember mendatang.

Barang-barang yang akan dilelang itu antara lain gaun yang dikenakan Garbo saat makan malam dengan Presiden John F. Kennedy dan Ibu Negara Jacqueline Kennedy hingga balon  boneka salju yang tidak dapat dikempiskan yang dijadikan bahan tertawaan di kamarnya.

"Dia memikat, misterius, dan tidak lekang oleh waktu sekaligus sangat modern," kata cucu-keponakannya Derek Reisfield ketika menjelaskan penampilan Garbo kepada Reuters.

Aktris Swedia itu memulai karirnya di Hollywood melalui film bisu seperti "Flesh and the Devil" (1927) dan salah satu dari sedikit bintang film bisu yang sukses pindah ke film bicara.

Ia menjadi tokoh ikonik tidak hanya unutk penampilannya, tapi juga kecerdasannya dan rentetan kebebasan yang ditampilkan melalui film maupun kehidupan pribadinya.

Ia menjadi nominasi Academy Award sebanyak empat kali, pertama untuk "Anna Christie" (1929). Ia akhirnya mendapat penghargaan kehormatan untuk penampilan tak terlupakan dari Academy of Motion Picture and Sciences tahun 1954.

Garbo pensiun dari film pada tahun 1941 dan menjalani kehidupan pribadi di New York hingga ia meninggal di usia 84 pada tahun 1990.

Setelah pensiun, ia memilih jauh dari perhatian publik dan hanya berbagi selera humornya dengan keluarga dan teman-temannya, menurut Reisfield. Ia mengatakan keluarga menyimpan peninggalannya di tempat penyimpanan hingga sekarang.

Ia berkata sekitar tahun 2004, ketika keluarganya bersiap merayakan 100 tahun kelahiran pada tanggal 18 September, mereka memutuskan untuk mulai berbagi kehidupan Garbo kepada publik, yang berakhir pada keputusan mengadakan lelang.

"Kami sadar kalian punya tanggung jawab untuk berusaha memperbanyak dan menjaga peninggalannya, dan itu mulai berevolusi di pikiran kami," kata Reisfield.

Total 853 benda akan menunggu ketuka palu, mulai dari pakaian adibusana, celana panjang yang dijahit hingga ke sepatu, koleksi turtleneck mewah Garbo dari perancang seperti Louis Vuitton, Gucci, Salvatore Ferragamo, dan Hubert Givenchy.

Foto-foto masa kejayaanya di Hollywood, furnitur, benda seni, dan benda-benda lain yang berasal dari apartemennya di New York dan puri di Swedia juga akan dilelang. Mereka juga akan menjual tempat tidur Garbo yang dihiasi ukiran antik Swedia untuk menggambarkan darah Skandinavia-nya.

Reisfield tidak tahu apa benda paling berharga yang akan dilelang. " Ada begitu banyak benda menakjubkan yang saya pikir orang-orang tidak dapat menduga," katanya.

Benda-benda akan dipajang di Newbridge Silverware Museum di County Kildare, Irlandia, mulai 29 September. Barang-barang itu akan diberangkatkan ke AS dengan Kapal Cunard Line's Queen Mary 2.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca