662.807 warga Kota Tangerang sudah terima E-KTP

Senin, 27 Agustus 2012 21:07 WIB | 2984 Views

662.807 warga Kota Tangerang sudah terima E-KTP

Ilustrasi. KTP elektronik (FOTO ANTARA/Dewi Fajriani)

Sudah sekitar 70 persen warga Kota Tangerang menerima KTP elektronik,"
Berita Terkait
Tangerang (ANTARA News) - Sebanyak 662.807 warga Kota Tangerang, Banten di 13 kecamatan telah menerima karu tanda penduduk (KTP) Elektronik.

"Sudah sekitar 70 persen warga Kota Tangerang menerima KTP elektronik," kata Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang, Mulyato di Tangerang, Senin.

Ia menjelaskan, warga Kota Tangerang yang melakukan proses perekaman data e - KTP yakni sebanyak 894.244 jiwa dan pemberiannya sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum puasa Ramadhan.

Sementara itu, sisanya akan dilakukan proses pembagian pada bulan Oktober dan Desember sehingga mulai awal tahun 2013, e - KTP sudah diberlakukan secara nasional.

Oleh karena itu, untuk mendukung program pendistribusian e - KTP kepada warga tersebut, telah disediakan dua kendaraan yang bekerja secara mobile.

"Kita sudah targetkan agar seluruh e - KTP sudah dapat diterima warga sehingga awal tahun 2013 sudah berlaku dan program nasional pun berhasil," katanya.

Mulyanto menegaskan, e-KTP warga Kota Tangerang dikirim langsung Kemendagri kepada Disdukcapil. Kemudian, Disdukcapil melakukan koordinasi dengan tiap-tiap kantor kecamatan dan melakukan pemanggilan secara bertahap ke masing-masing warga.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya persoalan dalam proses pembagian. Akan tetapi, sebelum pembagian e-KTP, warga pemilik harus menunjukan KTP manual dan menunjukan sidik jari yang sudah disesuaikan ketika warga merekam e-KTP.

"Nah, ketika warga diberikan e-KTP, tidak diperkenankan petugas meminta uang kepada warga, jika itu terjadi sanksi keras akan kami berikan,"kata dia.

Operator e-KTP mobil keliling, Miftahul Ulum mengatakan, target pihaknya saat ini adalah mengapai warga yang bertempat tinggal di daerah pelosok dan warga sibuk yang belum sempat membuat e-KTP.

Kendaraan e-KTP akan terus bergerak denga target melayani 40-50 warga perhari, yang dilayani lima petugas mobil e-KTP dengan fasilitas perekam sidik jari, kamera, perekam tanda tangan, komputer dan perekam iris mata yang terdapat didalam mobil e-KTP keliling.

"Kita harap dengan adanya alat pendukung ini bisa mendata semua warga," katanya.

(KR-AIF/N001)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Polisi indentifikasi nama korban musibah Larantuka

Polisi indentifikasi nama korban musibah LarantukaKaplores Flores Timur AKBP Dewa Putu Gede Artha mengatakan pihaknya berhasil mengidentifikasi tujuh korban yang tewas ...

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...

Peneliti menemukan cara baru melawan depresi

Peneliti menemukan cara baru melawan depresiPeneliti Amerika Serikat menyatakan bahwa mereka telah menemukan strategi terapi konseptual baru yang berlawanan ...