Senin, 22 Desember 2014

Dishubkominfo sosialisasi layanan jasa akses telekomunikasi

| 3.916 Views
id akses internet, dishubkominfo
Dishubkominfo sosialisasi layanan jasa akses telekomunikasi
Menurut sebuah penelitian terbaru dari layanan jaringan file-sharing Pando, negara yang paling cepat akses Internetnya adalah Korea Selatan (ANTARA News/Lukisatrio)
...salah satu program kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan universal kepada masyarakat yang dikenal dengan istilah KPU/USO salah satunya Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)."
Palangka Raya (ANTARA News) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Palangka Raya menggelar sosialisasi dan koordinasi layanan jasa akses telekomunikasi dan informatika KPU/USO lintas perguruan tinggi paket tiga di wilayah Kalimantan.

"Saat ini kami berupaya menyosialisasikan dan mengoptimalkan salah satu program kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan universal kepada masyarakat yang dikenal dengan istilah KPU/USO salah satunya Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)," kata Kepala Bidang LLASDL dan Kominfo Dishubkominfo Palangka Raya Suryanto, di Palangka Raya, Selasa.

Menurutnya, kondisi nyata yang terjadi di daerah setempat dalam hal peran pemanfaatan teknologi informasi berbasis Internet belum merata dan belum banyak digunakan untuk pengembangan ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan.

Kedepan, tuturnya, pihaknya bekerja sama dengan pendukung operator layanan TI akan berupaya mengembangkan Internet sebagai salah satu produk teknologi informasi yang diarahkan kegunaannya untuk melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat.

Ia menganalisa dengan meratanya penyebaran Internet di seluruh kecamatan di Palangka Raya secara otomatis akan mendistribusikan hal-hal yang relevan untuk pembangunan.

Selain itu memberdayakan masyarakat yang kurang beruntung dan terpinggirkan, akses Internet akan mendorong usaha mikro, dan meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh, memperbaiki pendidikan dan pembelajaran seumur hidup.

Manfaat lainnya yaitu menciptakan ketataprajaan yang lebih efisien dan transparan, mengembangkan kemampuan masyarakat, memperkaya kebudayaan, menunjang pertanian, menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong mobilisasi sosial.

"Pada dasarnya semua kecamatan menjadi sasaran pengembangan TI, untuk wilayah Kalimantan Tengah dari 14 kabupaten dan 1 kota, Internet nantinya bisa masuk di 173 kecamatan," ucapnya.

Pada 2012 Dishubkominfo memulai penerapan sasaran lokasi pengembangan TI berbasis internet di enam lokasi PLIK kota Palangka Raya seperti SMPN3 Palangka Raya (Kecamatan Jekan Raya), SMA 5 Palangka Raya (Kecamatan Jekan Raya), SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya (Kecamatan Pahandut), SMAN 6 Palangka Raya (Kecamatan Bukit batu), KPRI Tut Wuri Handayani (Kecamatan Sebangau) dan Koperasi Petuk Bukit (Kecamatan Rakumpit). (TVA/B013)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga