Jumat, 29 Agustus 2014

Kemristek beri lima anugerah iptek peringati Hakteknas

Kamis, 30 Agustus 2012 12:21 WIB | 3.983 Views
Kemristek beri lima anugerah iptek peringati Hakteknas
Menristek Gusti Muhammad Hatta (ANTARA)
Bandung (ANTARA News) - Kementerian Riset dan Teknologi memberi Penghargaan Anugerah Iptek 2012 kepada pemerintahan provinsi, institusi litbang, wanita peneliti, duta iptek dan masyarakat dalam puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Anugerah ini atas sumbangsihnya dalam ikut memajukan budaya iptek di Indonesia," kata Menristek Gusti M Hatta pada peringatan Hakteknas 2012 yang dihadiri juga Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Mendikbud M Nuh di Gedung Merdeka Bandung, Kamis.

Lima kategori itu yakni Anugerah Iptek Budhipura untuk Kategori Pemerintahan Provinsi diberikan kepada Pemprov Kaltim atas bidang sumberdaya iptek, Sumsel untuk kelembagaan iptek dan Sulsel untuk bidang jaringan iptek.

Anugerah Iptek Labdha Kretya untuk Kategori Kreativitas dan Inovasi Masyarakat kepada Tunggul Dian Santoso yang membuat alat elektronik pengusir hama padi, Ahmad Syaikhu atas teknologi pembuat pupuk dan pestisida hayati dan I Nyoman Damai atas pemanfaatan tanaman obat.

Sedangkan Anugerah Iptek Prayogasala untuk Kategori Pranata Litbang diberikan kepada Puslitbang Ketenagalistrikan PLN, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Jember, dan Balitbang Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan Anugerah Iptek Widyasilpawijana untuk Kategori Duta Iptek diberikan kepada Eniya Listiani Dewi PhD dari BPPT yang meneliti tentang pemanfaatan hidrogen sebagai sumber energi.

Sementara itu, Anugerah Iptek untuk Kategori Peneliti Wanita diberikan kepada Ines Atmosukarto dari LIPI di bidang genetika molekuler untuk pengobatan, Fenny M Dwivany dari ITB bidang biomolekuler untuk hortikultura, Made Tri Penia dari ITB bidang bioproses untuk obat spesifik dari sel punca dan Sidrotun Naim dari ITB bidang biomolekuler penyakit udang.

Usai penganugerahan itu dilakukan juga penyerahan cetak biru riset dan pengembangan produk peralatan pertahanan dan keamanan oleh Menhan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro kepada Presiden Yudhoyono sebagai acuan dalam pengembangan peralatan hankam.

(D009)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga