Rabu, 17 September 2014

145 atlet Lampung tampil di PON Riau

Kamis, 30 Agustus 2012 17:37 WIB | 4.096 Views
145 atlet Lampung tampil di PON Riau
Ilustrasi. Ratusan pelajar sekolah di Kota Pekanbaru melakukan latihan seremoni pembukaan acara PON XVIII di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Rabu (29/8). Direncanakan PON akan akan dibuka pada tanggal 11 September 2012 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA/Viki Payoka)
Bandarlampung (ANTARA News) - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP melepas kontingen daerahnya yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau, 9-20 September 2012.

Pelepasan kontingen Lampung itu berlangsung di depan Gedung Sumpah Pemuda Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Wayhalim Bandarlampung, Kamis, dihadiri seluruh atlet dan sejumlah pelatih dan ofisial.

Atlet Lampung di PON XVIII itu sebanyak 145 orang, terdiri atas 84 putra dan 61 putri akan berlaga di 26 cabang olahraga.

Gubernur Lampung Sjachroedin ZP mengatakan, atlet yang bertarung di PON XVIII itu mewakili nama daerah, karena itu perlu perjuangan agar dapat memberikan hasil yang terbaik.

"Tidak semua atlet terpilih untuk mewakili daerah, karena itu harus dijadikan kebanggaan dapat berlaga di event seperti di PON," kata dia.

Ia mengingatkan, selain berlatih intensif, salah satu kunci keberhasilan atlet adalah disiplin dan tentunya juga semangat bertanding.

"Saya berharap atlet bertarung habis-habisan untuk meraih prestasi di PON," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Lampung, Sjachrazad ZP mengatakan, sebanyak 145 atlet itu telah disahkan melalui SK tertanggal 26 Juni 2012, ditandatangani Ketua Umum KONI Lampung, serta sudah didaftarkan kepada Pengurus Besar (PB) PON pada awal bulan Juni 2012 lalu.

"Sebanyak 145 atlet itu sesuai dengan SK KONI Lampung serta laporan daftar olahragawan Lampung di PON Riau 2012, juga sudah disahkan oleh PB PON melalui Komisi Keabsahan," kata dia.

Sebanyak 145 atlet, 84 putra dan 61 putri itu, adalah dari cabang olahraga sofbol dan bisbol berjumlah 48 atlet (18 atlet putra bisbol, 15 atlet putra sofbol, dan 15 atlet putri sofbol).

Ia mengatakn, atlet sofbol dan bisbol merupakan atlet terbanyak Lampung.

Atlet angkat besi dan berat berjumlah 28 atlet (tujuh putra dan tujuh putri atlet angkat besi, delapan putra dan delapan putri serta satu cadangan di kelompok putri untuk angkat berat).

Kemudian cabang senam berjumlah tujuh atlet, tiga putra serta empat putri, judo berjumlah enam atlet yakni tiga putra dan tiga putri, panahan enam atlet tiga putra dan tiga putri, sepak takraw dengan lima atlet putri.

Selanjutnya cabang olahraga Atletik lima atlet, empat putra dan satu putri, anggar empat atlet putri, tenis lapangan empat atlet putri, aeromodeling tiga atlet putra, pencak silat tiga atlet putra.

Cabang bermotor dua atlet putra, biliar juga dengan dua atlet putra, golf berjumlah dua atlet putra, renang dua atlet putri, cabang selam dua atlet putri, layar dua atlet, yakni satu putra dan satu putri, karate dua atlet terdiri atas satu putra dan satu putri, sepatu roda dua atlet putra, taekwondo dua atlet putra, dan voli pasir dua atlet putra.

Selanjutnya, cabang tinju satu atlet putra, catur satu atlet putri, gulat satu atlet putra, tarung drajat satu atlet putra, dan cabang menembak satu atlet putra.

Seluruh atlet tersebut akan didampingi oleh 72 ofisial dari 26 cabang olahraga.

Berkaitan persiapan menuju PON ke-18 itu, program Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) bagi seluruh atlet PON Lampung, masih terus berjalan di bawah pengawasan langsung Bidang Pembinaan Prestasi serta tim evaluasi atau monitoring bentukan KONI Lampung, sampai menjelang keberangkatan.

Tempat pertandingan di PON nanti, Lampung terbagi dalam tujuh lokasi, yaitu Pekanbaru, Bengkalis, dan Kampar. Namun pertandingannya akan dipusatkan di Pekanbaru, juga untuk pembukaan dan penutupannya.

(A054/M023)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga