Minggu, 21 Desember 2014

Swasta harus ikut pembangunan tol Jakarta

| 1.091 Views
id tol jakarta, investasi jakarta, pembangunan jakarta, fauzi bowo
Swasta harus ikut pembangunan tol Jakarta
Ilustrasi arus lalu-lintas di tol dalam kota Jakarta. (FOTO ANTARA/Paramayuda)
... yakin akan ada banyak pihak swasta yang berminat untuk dilibatkan dalam proyek ini...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan pihak swasta harus dilibatkan dalam proyek pembangunan enam ruas jalan tol di ibukota.

"Swasta harus beriringan dengan pemerintah, jadi harus dilibatkan dalam proyek-proyek pembangunan di Jakarta, termasuk pembangunan enam jalan tol," kata Bowo, dalam acara Infrastructure Summit, di Pusat Pertemuan Jakarta, Senayan, Jakarta, Kamis. 

Pembangunan enam ruas jalan tol baru akan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama, ruas tol Semanan-Sunter (17,88 km), Sunter-Bekasi (11 km), Duri Pulo-Kampung Melayu (11,38 km) dan Kemayoran-Kampung Melayu (9,65 km). Tahap kedua, yakni ruas tol koridor Ulujami-Tanah Abang (8,27 km) dan Pasar Minggu-Casablanca (9,56 km).

Pembangunan di Jakarta akan berlangsung dengan lancar apabila melibatkan kerja sama dari tiga pihak, antara lain pemerintah, BUMD, dan swasta. Terkait pembangunan enam ruas jalan tol, Bowo meyakini proyek itu memiliki Return on Investment (ROI) yang masih produktif atau di bawah 10 kali lipat.

"Kami yakin akan ada banyak pihak swasta berminat dalam proyek ini," kata Fauzi.

Fauzi menambahkan saat ini proyek tersebut masih berada dalam tahap tender dan rencananya, jalan tol itu akan mulai beroperasi pada 2013 mendatang.

(R027)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga