Jumat, 31 Oktober 2014

Ribuan pengunjung padati Anime festival Asia Indonesia 2012

| 9.652 Views
id anime festival asia indonesia, anime festival asia, anime, komik, kebudayaan jepang, danny choo, vivian wijaya, komikus, mangaka, pop culture, budaya
Ribuan pengunjung padati Anime festival Asia Indonesia 2012
Keramaian Anime Festival Asia Indonesia 2012 pada tanggal 1 September. Selain menampilkan pameran beragam kebudayaan populer Jepang seperti cosplay, game, manga, dan anime, ada pula Maid (ANTARA News/Nanien Yuniar)
Jakarta (ANTARA News) - Ribuan penggemar kebudayaan populer Jepang memadati Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2012 di Jakarta International Expo pada hari pertama, Sabtu.

Keramaian itu mulai terlihat di antrean menuju loket tiket, baik oleh orang yang ingin membeli tiket di tempat maupun yang ingin menukarkan tiket pre-order.

Rhesa Austen (23) adalah salah satu orang yang terjebak dalam antrean mengular. Dia baru berhasil menukarkan tiket VIP seharga satu juta rupiah setelah mengantre selama empat jam. 

"Gue kecewa banget sama Raja Karcis-nya, masa yang VIP lo udah mesen jauh-jauh hari, malah kena antre empat jam. Sedangkan yang beli on the spot malah gampang banget," keluh Rhesa yang sudah datang sejak pukul 9 pagi.
 
"Bayangkan yang paling mahal diperlakukan seperti itu. Sedangkan kita begitu sampai ke dalam udah penuh, udah kehabisan, kita mau ngapa-ngapain aja susah."

Ramai di luar, ramai pula di dalam. Aula tempat berbagai pameran diselenggarakan pun penuh dengan para pecinta anime. Bagi pecinta kebudayaan populer Jepang, AFA bisa jadi merupakan surga untuk mereka. Beragam pernak-pernik game, manga, cosplay (costume play), action figure dan anime Jepang diserbu oleh para pengunjung yang terdiri dari beragam usia. Sebagian dari mereka bahkan mengenakan kostum-kostum tokoh anime maupun manga Jepang. Tak jarang, banyak dari para cosplayer itu menjadi artis dadakan karena dimintai foto bersama oleh pengunjung lain yang mengagumi kostum mereka. 

Tidak hanya pengunjung berkostum yang diserbu, para tamu spesial di Anime Festival Asia Indonesia pun dikerumuni para penggemarnya, termasuk Danny Choo. Blogger penyuka kebudayaan Jepang yang menjadi pembawa acara di AFA ID itu melayani antrean para pengunjung yang ingin berfoto dan meminta tanda tangannya. 

"Anime Festival Asia Indonesia sungguh fantastis. Saya sangat terkejut melihat banyaknya orang yang datang ke sini. Saya pikir tahun depan makin banyak perusahaan dan konten dari Jepang yang datang ke Indonesia melihat bahwa Indonesia adalah pasar yang potensial," kata Danny saat ditemui di sela sesi tanda tangan. 

Salah satu penyelenggara AFA ID, Sarjono Sutrisno, mengaku targetnya tercapai.

"Ekspektasi sampai malam kira-kira sepuluh ribu orang. Kira-kira sekarang sudah delapan ribuan. Target pas lah, sehari sepuluh ribu orang," kata dia pada Antara News. 

Dia menyadari bahwa dua aula yang disediakan untuk mengakomodasi acara AFA ID itu belum optimal. Hingga sore, pengunjung masih berdesakan di aula pameran.

"Kurang gede, kan ini baru (event) pertama, ngetes dulu," kata dia. 

Dia mengemukakan bahwa acara Anime Festival Asia Indonesia tahun 2013 sudah mulai direncanakan.

"Tahun depan mungkin September-Oktober lagi. Tapi belum nentuin venue, harus lebih luas lagi venuenya." 

Anime Festival Asia yang diklaim sebagai konvensi anime terbesar di Asia Tenggara itu baru pertama kali diadakan di Indonesia. AFA menjadi acara tahunan di Singapura sejak 2008. Tahun ini, AFA untuk pertama kalinya diadakan juga di negara tetangga, yaitu Malaysia dan Indonesia.

(nan)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga