Kamis, 2 Oktober 2014

KKP-MUI kerja sama tingkatkan konsumsi ikan

Senin, 3 September 2012 10:39 WIB | 4.304 Views
jika tingkat konsumsi ikan masyarakat tinggi maka akan diikuti pula dorongan produktivitas kelautan dan perikanan Indonesia. Penguatan kerja sama dengan MUI dapat membantu mengembangkan serta memberdayakan ekonomi umat.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan penguatan kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan menandatangani nota kesepahaman dalam rangka meningkatkan tingkat konsumsi ikan secara nasional.

"Penguatan tersebut sejalan dengan upaya KKP mensosialisasikan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya menggairahkan dan mendorong akselerasi peningkatan konsumsi ikan nasional," kata Sekjen KKP Gellwynn Jusuf dalam rilis KKP, di Jakarta, Senin.

Menurut Gellwynn, MUI memiliki peran yang strategis dalam mensosialisasikan serta memberikan informasi pada masyarakat luas tentang manfaat ikan sebagai sumber pangan peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap ikan sebagai makanan yang beragam, bergizi, menyehatkan, mencerdaskan dan aman dikonsumsi.

Ia juga berpendapat, peningkatan konsumsi ikan akan berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja (padat karya), sumber devisa negara serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

"Pasalnya, jika tingkat konsumsi ikan masyarakat tinggi maka akan diikuti pula dorongan produktivitas kelautan dan perikanan Indonesia. Penguatan kerja sama dengan MUI dapat membantu mengembangkan serta memberdayakan ekonomi umat," katanya.

Pasar dalam negeri, ujar dia, memainkan peran yang sangat penting antara lain menyerap 85 persen volume produksi perikanan nasional guna meningkatkan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI Din Syamsuddin mengatakan, sektor kelautan dan perikanan memiliki potensi yang begitu besar sehingga dapat menjadi penggerak utama kebangkitan umat islam dan bangsa.

"Sektor kelautan dan Perikanan memegang peranan penting dalam perekonomian nasional serta dapat menjadi sebuah wadah kekuatan bangsa Indonesia," kata Din.

Menurut dia, penguatan kerja sama itu juga dapat membantu pemberdayaan ekonomi umat sehingga ke depannya juga diharapkan agar kerja sama itu bisa dilanjutkan ke daerah dengan pendekatan agama.

Berdasarkan data KKP, tingkat konsumsi ikan nasional pada 2011 adalah sebesar 31,64 kilogram/kapita atau mengalami peningkatan rata-rata 3,81 persen dibandingkan konsumsi tahun 2010.

Sedangkan pada 2012, KKP menargetkan konsumsi ikan per kapita naik sebanyak 1,5 kg menjadi 33,14 kilogram/kapita, kemudian pada 2013 sebesar 35,14 kilogram/kapita/tahun dan pada 2014 diharapkan bisa mencapai sekitar 38,00 kilogram/kapita.

(M040)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca