Jumat, 25 Juli 2014

Kebakaran hutan, jalur pendakian Argopuro ditutup

Senin, 3 September 2012 20:07 WIB | 4.700 Views
Jember (ANTARA News) - Jalur pendakian Gunung Argopuro yang memiliki ketinggian 3.088 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Jember, Situbondo, dan Bondowoso, Jawa Timur, ditutup akibat kebakaran hutan.

"Mulai hari ini jalur pendakian Argopuro resmi ditutup dan kami tidak memberikan izin kepada pendaki yang ingin ke sana," kata Kepala Bidang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jatim di Kabupaten Jember, Sunandar Trigunajasa, Senin.

Sekitar 250 hektare hutan di kawasan Pegunungan Argopuro terbakar dan kebakaran hutan tersebut berada di ketinggian sekitar 3.000 mdpl, dengan vegetasi berupa hutan cemara dan ilalang yang mudah terbakar.

Titik api diperkirakan berawal dari kawasan Selonyeng atau arah timur puncak Rengganis dan kebakaran semakin meluas hingga kawasan hutan yang berada di Dataran Tinggi Hyang akibat embusan angin yang cukup kencang.

Menurut Sunandar, jalur pendakian tersebut ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan karena kebakaran hutan dapat membahayakan para pendaki di sana.

"Petugas BKSDA juga menyampaikan informasi penutupan jalur pendakian Argopuro kepada sejumlah organisasi pecinta alam (OPA), agar informasi itu diteruskan kepada pendaki lainnya yang ingin mendaki ke sana," paparnya.

Ia menjelaskan petugas BKSDA di Pos Bremi (Probolinggo) dan Pos Baderan (Situbondo) juga melakukan antisipasi agar kebakaran hutan di Argopuro tidak semakin meluas.

Sementara Koordinator Pemantau Pendakian dan Penanggulangan Kebakaran Hutan Argopuro, Remon Aryanto, mengatakan jalur pendakian Argopuro sudah ditutup sejak Minggu (2/9).

"Kami juga melaporkan penutupan jalur pendakian Argopuro kepada BKSDA, setelah sejumlah pihak elakukan rapat koordinasi berdasarkan kondisi objektif di lapangan. Hasil rapat memutuskan untuk menutup sementara jalur pendakian Argopuro," tuturnya.

Remon menjelaskan beberapa pendaki yang sudah di puncak Rengganis sempat terjebak dalam kebakaran hutan di Pegunungan Argopuro, namun mereka berhasil selamat dan turun ke Pos Bremi di Probolinggo atau Pos Baderan di Situbondo.

"Tujuh pendaki dari Indramayu yang dipandu pendaki dari Probolinggo berhasil turun di Bremi dan satu pendaki asal Jakarta turun di Baderan, tanpa mengalami luka-luka," katanya.

(ANT-070/I007)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga