Sabtu, 20 Desember 2014

Wapres: Indonesia harus kerja keras capai MDG's

| 2.120 Views
id pembangunan milenium, pencapaian mdgs, wapres, boediono
Wapres: Indonesia harus kerja keras capai MDG's
Wapres Boediono (ANTARA)
Tapi harus diakui bahwa belum semua sasaran MDG`s aman sehingga harus bekerja keras,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia masih harus bekerja ekstra keras untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Milenium atau MDG`s pada 2015 sekalipun dalam beberapa tahun terakhir sudah menunjukkan banyak kemajuan, kata Wakil Presiden Boediono.

"Tapi harus diakui bahwa belum semua sasaran MDG`s aman sehingga harus bekerja keras," kata Boediono pada jamuan makan malam pembukaan "Asia Pacific Development Summit 2012" di Jakarta, Senin.

Hadir dalam acara itu Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan, President Global Development Program, Yayasan Bill & Melinda Gates Chris Elias, serta Utusan Khusus Presiden RI untuk MDG`s Nila F Moeloek.

Dikatakan Wapres, di Indonesia sejumlah target yang memerlukan perhatian khusus adalah penurunan angka kematian ibu, penanggulangan HIV/AIDS, dan akses terhadap air minum dan sanitasi yang layak.

Untuk mencapai sasaran MDG`s, katanya, salah satu langkah kuncinya adalah memobilisasi secara lebih baik dan mensinergikan semua kemampuan yang ada, baik yang ada pada pemerintah maupun yang ada pada swasta, untuk makin mempercepat pencapaian target-target MDG`s.

"Tentu, kondisi masing-masing negera yang berbeda menuntut pola sinergi yang berbeda pula," kata Wapres.

Menurut Boediono, enam puluh persen penduduk dunia bermukim di kawasan Asia Pasifik yang sangat dinamis ini.

Dalam beberapa tahun terakhir kawasan ini mencatat kemajuan ekonomi yang pesat tapi pertumbuhan ekonomi itu tidak selalu dibarengi dengan peningkatan yang sama cepatnya di bidang indikator pembangunan manusia, khususnya aspek-aspeknya yang tercantum dalam MDG`s.

Di kawasan ini juga, katanya, dijumpai perbedaan-perbedaan yang cukup tajam antar negara dalam kemajuan menuju tercapainya sasaran MDG`s.

"Ini semua sudah sepatutnya mendapat perhatian sungguh-sungguh untuk mengatasinya," katanya.

Melalui forum ini, Wapres berharap partisipan dapat saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman sehingga tercipta proses pembelajaran bagi kita semua untuk meningkatkan kinerja.

"Saya berharap dari interaksi berbagai pengalaman para partisipan yang hadir, konferensi ini akan melahirkan ide-ide segar dan juga komitmen yang lebih kuat dari kita semua untuk mencapai target-target MDG`s di negara-negara Asia Pasifik maupun ASEAN sesuai yang kita sepakati bersama," kata Boediono.
(A025/N002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga