Kamis, 21 Agustus 2014

Awak kabin Lufthansa kembali mogok

Selasa, 4 September 2012 10:15 WIB | 3.683 Views
Awak kabin Lufthansa kembali mogok
Jumat pekan lalu, awak kabin maskapai Lufthansa di Bandar Udara Frankfurt, Jerman, mogok selama delapan jam, akibatnya 190 penerbangan dibatalkan dan tak kurang dari 26.000 penumpang terdampak.(REUTERS/Tobias Schwarz )
Berlin (ANTARA News) - Awak kabin Lufthansa pada Senin malam (3/9) mengumumkan pemogokan baru mulai Selasa pagi di Berlin dan Frankfurt yang diperkirakan bisa membuat ratusan pesawat tak mengudara dan puluhan ribu penumpang terlantar.

Serikat pekerja Jerman UFO yang mewakili awak kabin Lufthansa menyatakan pemogokan tersebut direncanakan mulai pukul 05.00-13.00 waktu setempat di Bandar Udara Internasional Tegel (Berlin) dan pukul 06.00-14.00 waktu setempat di Bandar Udara Frankfurt.

Serikat pekerja telah menyerukan babak pertama pemogokan di Bandar Udara Frankfurt, yang terbesar di Jerman, selama delapan jam pada Jumat pekan lalu (31/8), membuat 190 penerbangan dibatalkan dan tak kurang dari 26.000 penumpang terdampak.

UFO menyatakan pemogokan Selasa merupakan reaksi baru terhadap penolakan perusahaan penerbangan tersebut untuk memenuhi tuntutan mereka, demikian menurut laporan kantor berita Xinhua.

Serikat pekerja telah berunding dengan Lufthansa selama 13 bulan untuk meminta kenaikan bayaran sebesar lima persen untuk lebih dari 18.000 awak kabin Lufthansa.

Juru Bicara Lufthansa Andreas Bartels mengecam taktik pemogokan serikat pekerja tersebut sebagai "sangat bermusuhan dengan penumpang."

Pengumuman pemogokan awak kabin yang dilakukan pada waktu larut malam seperti itu membuat Lufthansa yang merupakan perusahaan penerbangan terbesar di Jerman nyaris tak punya waktu untuk memberitahu penumpang.

Sementara bandar udara Berlin-Brandenburg menyampaikan peringatan bahwa dua bandar udara di Ibu Kota Jerman, Schoenefeld dan Tegel, "dapat secara langsung dan tidak langsung terpengaruh pemogokan tersebut" dan meminta penumpang untuk mencari cukup informasi sebelum melakukan perjalanan.

(C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca