Jumat, 25 Juli 2014

KKP gelar bursa kerja

Selasa, 4 September 2012 23:31 WIB | 3.813 Views
KKP gelar bursa kerja
ilustrasi Sejumlah pencari kerja antre untuk memasuki arena pameran bursa kerja yang diadakan di Gedung Smesco UKM, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (FOTO ANTARA/Cornea Khairany)
Pekanbaru (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali menggelar bursa kerja bertajuk "International Job Fair on Marine and Fisheries atau IJO FoM" 2012.

"Sekitar 50 perusahaan berskala lokal, nasional, dan internasional berpartisipasi pada bursa lowongan kerja tahun ini," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo dalam surat elektroniknya yang disampaikan Kapusdatin KKP Indra Sakti yang diterima ANTARA Pekanbaru, Selasa.

Jumlah lowongan kerja yang ditawarkan mencapai 6.000 lapangan kerja dengan penempatan di Amerika, Jepang, dan Korea.

Menurut dia, bursa tenaga kerja kelautan dan perikanan ini dinilai tepat dalam membantu masyarakat dengan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Disamping kesempatan bekerja di dalam dan luar negeri, bursa kerja ini juga bertujuan untuk memfasilitasi perluasan kesempatan bekerja bagi para lulusan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi kelautan dan perikanan, serta masyarakat lainnya untuk dapat berkarir sebagai tenaga profesional di berbagai perusahaan yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan serta beberapa perusahaan sektor lainnya.

"Upaya ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan nyata KKP atas kebijakan nasional, yakni `pro poor, pro growth dan pro sustainability` terlebih lagi untuk `pro job`," kata Sharif.

Bursa kerja kali kedua ini digelar pada 4--6 September 2012. Bursa lowongan kerja berskala internasional yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan ini merupakan hasil kerjasama antara KKP dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, dan instansi terkait lainnya.

Terkait itu, telah ditandatangani Kesepakatan Bersama tiga Kementerian, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi,dan Kementerian Pendidikan Nasional tentang Penyediaan Pelayanan Bersama Informasi Ketenagakerjaan Kelautan dan Perikanan.

"Saya harapkan sinergi ini dapat dilanjutkan serta diperluas lagi sasarannya secara efektif, efisien dan tetap fokus pada pelaksanaannya," katanya.

Ia menjelaskan, tidak terserapnya angkatan kerja karena tidak sebandingnya tingginya pertumbuhan angkatan kerja dengan pertumbuhan kesempatan kerja, minimnya tingkat keterampilan para pencari kerja serta tidak adanya
kesesuaian antara jenis pendidikan deng an kebutuhan pasar kerja.

Selain ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan, para pencari kerja juga dituntut untuk mampu memenuhi kualifikasi teknis dari perusahaan yang semakin selektif dalam memilih pegawai.

"Masih besarnya jumlah pengangguran merupakan salah satu permasalahan seriusyang menyimpan potensi negatif, sehingga dapat menghambat pembangunan khususnya dalam mendukung pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan," katanya.

Para pelamar dapat datang langsung ke lokasi pada saat pelaksanaan IJO FoM dengan membawa berkas lamaran, CV, dan pass foto atau bisa pula mendaftar online melalui website www.jobskelautanperikanan.com.
(T.F011/M008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga