Tanpa desain yang baik, maka sebuah produk bisa berkurang nilai manfaatnya untuk potensi perekonomian.
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi membuka pameran desain interior Desain.ID 2012 yang mengusung tema "Cosmic: Design in Extra-Ordinary Means," di Balai Sidang Jakarta,Rabu.

"Kami dari Kemendag, sangat mendukung acara ini, desain itu punya arti ada atau tidak adanya sebuah perdagangan," kata Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Rabu.

Bayu menjelaskan potensi desain sebagai nilai tambah sebuah produk. Tanpa desain yang baik, maka sebuah produk bisa berkurang nilai manfaatnya untuk potensi perekonomian, lanjut Bayu.

Ia mengatakan pameran ini bisa menjadi stimulus untuk para desainer agar lebih aktif berkarya dengan kreativitas dan nilai ekonomi. Bayu meminta para desainer untuk bisa menyelanggarakan acara serupa dengan skala yang lebih luas.

Acara yang dibuka oleh penampilan dari Gilang Ramadhan Studio Band dengan suguhan permainan musik oleh empat anak kecil ini menghadirkan puluhan stand desain interior yang juga dilengkapi dengan unsur-unsur desain lainnya, seperti kriya.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam sambutan tertulisnya mengatakan pameran ini merupakan ajang yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian seiring dengan semakin bertambahnya jumlah masyarakat golongan menengah Indonesia.

"Dan saya berharap melalui pameran ini dapat meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya desain," kata Mendag Gita Wirjawan.

Gita mengatakan perkembangan desain interior yang tumbuh pesat mampu menyerap tenaga kerja profesional yang cukup besar.

"Desain adalah hal yang penting dalam mempengaruhi pasar, desain dapat menimbulkan keinginan bagi konsumen, dengan demikian dapat menciptakan pasar dan mempengaruhi daya beli," katanya.

Dalam pameran itu, tidak hanya mengundang peserta dari pengusaha desain interior, tapi juga melibatkan institusi lainnya seperi kontraktor interior, asosiasi mahasiswa dan berbagai institusi lainnya. Acara yang diselanggarakan untuk kedua kalinya ini dipersembahan oleh Himpunan Desain Interior Indonesia dan akan berlangsung dari 5-8 September 2012.

(SDP-55/A011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012